Puasa Ramadhan Benteng Melawan Corona

- Admin

Minggu, 19 April 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Batam, inikepri.com – Tidak lama lagi, bulan Ramadan akan tiba. Seluruh umat Islam pun punya kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan ini.

Puasa Ramadan juga bisa menjadi benteng pertahanan kuat melawan virus corona COVID-19. Sebagaimana menurut makna dan anjuran dari Syariat Islam, puasa akan melahirkan Kesehatan

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni’am Sholeh pernah menyampaikan, menjalankan puasa Ramadan sekaligus membentuk benteng dari paparan corona COVID-19.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ini disebutkan melalui potongan ayat yang berbunyi, ‘Berpuasalah, niscaya akan melahirkan kesehatan.’ Puasa Ramadan yang benar dengan konsumsi makanan seimbang, menu makanan sehat, dan gaya hidup sehat,” ungkap Asrorun di Graha BNPB, Jakarta, melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (16/4/2020).

“Dengan kita berpuasa yang benar, akan melahirkan imunitas tubuh dan mencegah paparan corona COVID-19,” ujarnya.

Spesialis Gizi, dr. Cut Hafiah, Sp Gk, mengatakan bahwa puasa Ramadan ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

“Sebenarnya kalau kita nilai dari puasanya itu sendiri, jika kita berpuasa dengan benar puasa itu malah meningkatkan daya tahan tubuh kita,” kata Cut Hafifah

“Jika berpuasa dengan benar dapat memperbaiki imun kita, puasa dapat memperbaiki jaringan-jaringan sel kita yang rusak, mengurangi massa lemak,” tambahnya.

Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

Baca Juga :  Susu Beruang dapat Bersihkan Paru-paru? Begini Penjelasan dari Dokter

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengingat saat berpuasa tidak boleh makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan, maka beberapa zat pada tubuh akan meningkat daripada biasanya. Sehingga bagi orang yang menjalankan puasa sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi yang bisa menopang kebutuhan zat pada tubuh tetap terpenuhi.

Nah, zat tersebut diantaranya mineral, berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C, D dan E yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, menyerap kalsium serta mineral, tetap menjaga kelembapan kulit, dan sebagai antioksidan

Selain itu, agar energi tetap terjaga maka tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein tinggi pada saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya saja, berbagai macam sayuran, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Jangan lupa seimbangkan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar. Hal ini juga sangat penting dilakukan, yaitu selain sebagai penambah vitamin yang dibutuhkan, pencernaan juga akan tetap lancar walau sedang berpuasa.

2. Minum Air Putih dengan Cukup

Saat berpuasa tentu harus menahan haus dari terbitnya fajar hingga matahari tenggelam. Memang bukan waktu yang tidak sebentar, maka minum air putih yang cukup perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan tidak terjadi dehidrasi.

Bagaimana mengaturnya kalau sehari diperlukan minimal delapan gelas air putih? Tidak perlu khawatir, Anda bisa terapkan pola 242, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, empat gelas saat berpuka puasa dan dua gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu, cairan pada tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Baca Juga :  Ini Keutamaan Puasa Tasua 9 Muharram

3. Waktu Istirahat yang Cukup

Saat berpuasa, biasanya orang menggunakan waktu pagi hingga sore untuk melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah terutama di kantor, waktu malamnya dimanfaatkan beribadah dan waktu sepertiga malam untuk makan sahur. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan waktu istirahat karena terlalu banyak aktivitas tanpa istirahat juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi cepat lelah. Maka Anda harus pandai mengatur waktu agar aktivitas, beribadah dan istirahat yang cukup bisa seimbang sehingga puasa akan berjalan dengan lancar.

4. Tetap Berolahraga

Masih banyak orang yang beranggapan kalau berolahraga saat berpuasa takut badan menjadi lelah, pegal-pegal, lemas dan sebagainya. Padahal dengan melakukan olahraga, badan akan terasa lebih segar, bugar dan tentunya daya tahan tubuh tetap terjaga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan saja seperti peregangan tubuh, yoga, jalan dan sebagainya. Akan lebih baik, jika olahraga dilakukan dengan rutin di pagi hari.

Berita Terkait

Tangani TBC-Polio, Kemendagri Ingatkan Keseriusan Kepala Daerah
Imunisasi tidak Merusak Sel dan DNA
Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau
Vaksin tidak Meruntuhkan Kekebalan Tubuh
Cara Pertolongan Pertama Kaki Melepuh saat Ibadah Haji
Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Diberi Makanan Lain Selain ASI
PIN Polio Kembali Dilaksanakan di 33 Provinsi, Termasuk di Kepri
Asap Rokok Berdampak Buruk pada Ibu Hamil dan Anak
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 9 Juli 2024 - 08:19 WIB

Tangani TBC-Polio, Kemendagri Ingatkan Keseriusan Kepala Daerah

Minggu, 7 Juli 2024 - 09:45 WIB

Imunisasi tidak Merusak Sel dan DNA

Rabu, 19 Juni 2024 - 08:45 WIB

Kemenkes: Waspada DBD di Musim Kemarau

Selasa, 11 Juni 2024 - 07:15 WIB

Vaksin tidak Meruntuhkan Kekebalan Tubuh

Sabtu, 8 Juni 2024 - 08:16 WIB

Cara Pertolongan Pertama Kaki Melepuh saat Ibadah Haji

Senin, 3 Juni 2024 - 07:34 WIB

Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Diberi Makanan Lain Selain ASI

Jumat, 31 Mei 2024 - 07:17 WIB

PIN Polio Kembali Dilaksanakan di 33 Provinsi, Termasuk di Kepri

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:18 WIB

Asap Rokok Berdampak Buruk pada Ibu Hamil dan Anak

Berita Terbaru

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad. Foto: Dok. Arsip INIKEPRI.COM

Batam

Amsakar Tegaskan Komitmen Lanjutkan Insentif RT/RW

Minggu, 14 Jul 2024 - 07:27 WIB

PLT Ketua Hanura Batam Isti Wahyudi, S.Sos. Foto: INIKEPRI.COM

Batam

Hanura Batam Akan Gelar Muscablub

Sabtu, 13 Jul 2024 - 11:51 WIB