Jumat, 30 Oktober 2020
log
18 Sep 2020
IMG-20200918-WA0039

Batam, inikepri.com – Ketua Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengagendakan pertandingan qasidah tingkat kota setiap tahun. Hal ini bertujuan agar dari Batam muncul karya-karya besar yang bisa berlaga hingga nasional.

“Niat saya setiap tahun Lasqi punya event. Supaya kita bisa menghasilkan karya besar. Kalau dipertandingkan biasanya muncul ide-ide baru sehingga kita lebih kreatif. Kalau bisa kita tanding sampai provinsi sampai nasional,” tutur Marlin saat silaturahmi dengan pengurus Lasqi Kecamatan se-Kota Batam di Golden Prawn, Kamis (17/9).

Menurut Marlin, qasidah ini merupakan salah satu sarana dakwah. Dakwah yang disampaikan melalui seni religi seperti ini biasanya lebih mudah diterima.

“Dakwah melalui qasidah ini luar biasa. Cepat masuk ke hati kita. Saya yakin melalui qasidah ini akan lahir karya besar,” tutur Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) tersebut.

Marlin mengatakan Lasqi ini juga merupakan bagian dari GOW. Karena umumnya kelompok-kelompok rebana atau qasidah di lingkungan warga terdiri dari ibu-ibu.

“Di Batam ini ada banyak sekali ibu-ibu penggemar qasidah. Di tiap kecamatan ada ratusan kelompok, yang berbeda-beda orangnya. Jadi jumlahnya ribuan. Dan saya maknya Lasqi, saya mak ibu-ibu semua,” kata Marlin.

Ia dilantik sebagai Ketua Lasqi Batam pada Februari 2020 lalu. Ia merupakan ketua ketiga di organisasi seni dakwah tersebut. Dan perempuan pertama yang memimpin Lasqi Batam.

“Begitu saya dilantik, saya langsung bentuk kepengurusan tingkat kecamatan. Insya Allah akan dibentuk sampai ke tingkat kelurahan. Dan karena saya perempuan, saya tahu kebutuhan perempuan, saya tahu maunya perempuan. Maka begitu dilantik saya usahakan ada seragam untuk Lasqi. Seragam ini penting karena kita harus punya identitas,” ujarnya.

Kepada para pengurus, Marlin mengajak untuk melakukan regenerasi. Agar lahir kader-kader baru yang kelak bisa ikut mengembangkan seni qasidah di Kota Batam.

“Mari lahirkan kader baru, jangan saling menjatuhkan. Dan satu hal lagi, ingat juga posisi kita. Wanita yang cerdas adalah yang bisa mengatur diri. Di waktu ini tugasnya ini, di rumah tugasnya sebagai ibu sebagai istri. Manage diri itu juga penting,” pesannya.

Silaturahmi ini diikuti pengurus Lasqi tingkat kecamatan se-Kota Batam. Pertemuan digelar di ruangan yang luas dengan penerapan protokol kesehatan yaitu pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker, dan pengaturan jarak tempat duduk. Kegiatan ini dihadiri Pembina Lasqi Batam yang juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x