Jumat, 23 Oktober 2020
log
7 Okt 2020
(Foto ist)
(Foto ist)

Batam, inikepri.com – Badan Pengusahaan Batam menghadiri rapat kerja Kadin Kota Batam tahun 2020 Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Batam dengan tema “Menjaga Kesehatan dengan Tetap Menjaga Ekonomi”, Selasa (6/10/2020) di Radisson Convention Hotel, Batam.

Plh. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purwiyanto, dalam sambutannya mengatakan, saat ini seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, khususnya Batam, tengah berjuang melawan pandemi Covid-19.

Dikatakannya, dalam masa-masa sulit ini, Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi seluruh lini dan aspek kehidupan. Sebanyak 215 negara menghadapi darurat kesehatan dan harus menyelamatkan warganya dari ancaman Covid-19. Semua negara tengah berjuang untuk menyelamatkan diri dari tekanan ekonomi yang begitu dahsyat dalam jurang resesi.

Ia juga menyampaikan, ancaman pandemi Covid-19 yang luar biasa tengah menghantui kesehatan masyarakat dan perekonomian Kota Batam. “Jumlah penyebarannya yang semakin meningkat bila dilihat dari grafik Covid-19, tentu menjadi perhatian bagi BP Batam, baik di sektor pelayanan kesehatan maupun kebijakan kaitannya dengan pemulihan ekonomi Batam,” kata Purwiyanto.

Ketua Kadin Kota Batam, Jadi Rajagukguk, menyampaikan, sebagai bentuk kepedulian, Kadin Batam sejak awal Maret lalu sudah bekerja sama dengan stakeholder untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosisal.

Jadi mengungkapkan, tujuan dari rapat kerja ini adalah untuk mencari solusi yang pas dalam mencegah penyebaran Covid-19, tetapi tidak menurunkan perekonomian.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan Program Strategis Penanganan Covid-19 melalui video conference yang disampaikan oleh Sekretaris Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso.

“Beberapa hal yang terkait dengan topik kita hari ini, update Covid-19 di Indonesia, kasus Covid di indonesia per tanggal 4 Oktober 2020 telah melebihi 300 ribu kasus. Laju penambahan kasus di Indonesia meningkat hanya butuh 11 hari untuk mencapai penambahan 50 ribu kasus konfirmasi baru. Saat ini tingkat kesembuhan di Indonesia lebih tinggi dibandian rata-rata global, namun tingkat kematian di Indonesia masih lebih tinggi 0,72% dibandingkan global,” kata Susiwijono Moegiarso.

Untuk Kota Batam, jumlah kasus terkonfirmasi adalah 75% dari kasus positif Provinsi Kepri, untuk kasus aktif 85% dari Prov Kepri. Tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional dan provinsi, serta tingkat kematian di atas tingkat provinsi Kepri.

Adapun rekomendasi arahan terkait program kerja strategis penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Batam dari berbagai sektor, yaitu kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha, UMKM, pembiayaan korporasi, dan sektoral.

Rapat Kerja ini juga dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh Pjs. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin, Pjs. Walikota Batam, Syamsul Bahrum, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau, Musni Hardi K Atmaja, Kepala OJK Kepulauan Riau, Rony Ukurta, Pimpinan BPJS Batam dan Kepri, Forkopimda Batam, serta Asosiasi/Himpunan dunia usaha. (ER)

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x