Minggu, 1 November 2020
log
20 Sep 2020
IMG-20200920-WA0050

Batam, inikepri.com – Pengurus dan Satuan Tugas (Satgas) Perhimpunan Melayu Raya di 12 Kecamatan Wilayah se-Kota Batam secara resmi dikukuhkan pada Minggu (20/9/2020) siang, di Ballroom-C Golden Prawn, Bengkong, Kota Batam.

Hazarin Firda, Koordinator Wilayah (Korwil) Melayu Raya Batam, meminta semua pengurus dapat menjalankan tiga misi yang ada.

“Kita ada untuk memecah permasalahan di tengah masyarakat, melaksanakan bakti sosial, serta menghidupkan ekonomi kerakyatan,” ujar pria yang akrab dipanggil Alin ini dalam sambutannya.

Kata Alin, himpunan ini bukan partai politik maupun sayap partai politik. Untuk itu, Keberadaan Melayu Raya harus hadir ditengah-tengah masyarakat dan berkolaborasi dengan pemerintah, TNI serta Polri dalam menjaga Batam tetap aman, nyaman, dan kondusif.

“Himpunan ini didirikan bapak Brigjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Alin berharap, pengurus yang dikukuhkan di 12 kecamatan yang ada menjadi perpanjangan Melayu Raya bersama aparat keamanan agar tidak terjadi kericuhan dan pertikaian.

“Kita harus bekerja sama dengan kecamatan dan aparat keamanan di masing-masing wilayah,” ujarnya.

Pantauan dilokasi, Walikota Batam, H Muhammad Rudi mengukuhkan langsung Pengurus dan Satgas Perhimpunan Melayu Raya Wilayah Kecamatan se-Kota Batam, ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka dari Pembina Wilayah kepada Korwil dan Danton Satgas untuk diteruskan kepada ke 12 Pengurus dan Satgas kecamatan.

Keterangan gambar : Penyerahan Bendera Pataka kepada Pembina Wilayah dan juga Walikota Batam H Muhammad Rudi sebagai tanda Pengukuhan Pengurus dan Satgas Perhimpunan Melayu Raya Wilayah Kecamatan se-Kota Batam. (Foto : is)

Sementara, Komandan Pleton (Danton) Satuan Tugas (Satgas) Perhimpunan Melayu Raya Kota Batam, Zulkifli Nasution mengatakan, tujuan dan maksud dari pengukuhan ini, agar Himpunan Melayu Raya dapat di ketahui masyarakat bahwasannya Melayu Raya adalah rol kepolisian masyarakat, yang akan membantu kinerjanya pemerintah untuk Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Kami (Melayu Raya), akan semaksimal mungkin membantu warga-warga di Kota Batam yang kesusahan dan yang mendapatkan musibah. Di Kecamatan manapun itu, kita akan bergabung membantu teman-teman dan saudara-saudara kita disana,” ujar Zulkifli Nasution.

“Kami Melayu Raya, bukan sekedar Melayu. Kami Melayu Raya ini, satu perhimpunan yang di dalamnya terdapat bermacam-macam suku,” tambahnya.

Dijelaskan Bang Zul panggilan akrabnya, Melayu Raya itu artinya kata Melayu itu Bangsa. Sedangkan Raya itu Besar. Maka dari itu, kata dia, dibuat Perhimpunan Melayu Raya yang arti secara garis besar adalah “Bangsa yang Besar”.

Lanjut Bang Zul, Ia berharap kedepannya, Melayu Raya bisa dapat berguna bagi masyarakat terkhusus di Kota Batam.

Di lokasi, usai pengukuhan, Korwil Melayu Raya Batam, Hajarin Firda memberikan baju kebesaran Himpunan Melayu Raya kepada Walikota Batam dan juga Pembina Wilayah, H Muhammad Rudi.

Keterangan gambar : Korwil Melayu Raya Batam Hajarin Firda/Alin (pertama, kanan) memakai langsung baju kebesaran Himpunan Melayu Raya kepada Walikota Batam dan juga Pembina Wilayah, H Muhammad Rudi (dua dari kanan). (Foto : is)

Turut hadir dalam kegiatan pengukuhan tersebut yakni, Walikota Batam, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam M Yunus, Perwakilan Kapolresta Barelang, Pembina Utama Himpunan Melayu Raya diwakilkan oleh Pembina Muda, Pembina Melayu Raya dan juga pendiri Pemuda Tempatan (Perpat), Majelis Ulama Indonesia Kota Batam KH Usman Ahmad, Koordinator Wilayah (Korwil) Kabupaten Bintan, Korwil Tanjungpinang, Korwil Lingga, jajaran Kapolsek, Ketua dari berbagai Paguyuban, dan Ormas. (IS)

4 4 votes
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x