Senin, 26 Oktober 2020
log
17 Sep 2020
IMG-20200917-WA0147

Batam, inikepri.com – Sebanyak 1500 alat rapid test yang disediakan oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Nusantara dari Korps Pembinaan Masyarakat (Binmas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan rapid test. Hal itu diapresiasi dan disambut baik oleh masyarakat Kota Batam.

Riau Pahlevi, warga Kota Batam yang tinggal di Kecamatan Sekupang, mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung sekali kegiatan yang diadakan oleh pihak kepolisian (Polri).

“Iya ini lagi rapid test bang, baru saja mulai. Hasilnya belum keluar,” ujar Riau ketika diwawancarai saat melakukan rapid test, Kamis (17/9/2020) pagi.

Riau yang saat itu hendak berangkat untuk bekerja, menyempatkan dirinya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Menurutnya pemeriksaan kesehatan sangatlah penting agar lebih aman dan terlindungi bukan melainkan takut untuk melakukan pemeriksaan.

“Untuk kesehatan, untuk apa takut. Gak perlu ada yang harus ditakutin,” ucapnya sembari tertawa kecil dan menunggu hasil rapid testnya keluar.

Riau berharap kepada masyarakat Kota Batam lainnya agar melakukan pemeriksaan kesehatan, supaya lebih aman, nyaman, dan terlindungi mengingat kasus positif Covid-19 semakin bertambah.

“Lebih baik diperiksakan ajalah. Gak perlu harus ada yang ditakutin. Dan kalau bisa semuanya di test lah, supaya lebih aman kan,” ucapnya.

Pantauan dilokasi, terdapat lima (5) stand disiapkan pihak kepolisian untuk melayani masyarakat Kota Batam yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan rapid test tersebut.

“Dari Biddokkes, kami siapkan 3 tim untuk rapid test. Sistemnya itu Drive Thru (tidak turun dari kendaraan),” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), Kombes Pol Harry Goldenhardt S di Mapolresta Barelang, pagi, usai melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dan Bakti Kesehatan (Bakkes).

Dijelaskan Harry, kegiatan ini dilakukan karena melihat angka pertumbuhan penyebaran Covid-19 semakin meningkat sehingga, Tim Satgas Nusantara Korps Binmas Mabes Polri turun langsung ke Kota Batam untuk melaksanakan kegiatan Baksos dan Bakkes.

“Ini untuk membantu masyarakat. Selain itu juga, kegiatan ini dalam rangka Cooling System Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dan pencegahan Covid-19,” jelas Harry.

Selain melaksanakan kegiatan rapid test massal, di lokasi terpisah (halaman Mapolresta Barelang), juga dilaksanakan kegiatan pembagian 1500 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang berada di pelosok-pelosok wilayah dan sunatan massal.

1500 paket sembako tersebut di distribusikan oleh personel gabungan yang terdiri dari anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dengan menggunakan kendaraan sepeda motor roda dua (dinas) yang dilepas langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si,.

“Ada 20 personel dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mereka dilepas oleh bapak Kapolda Kepri langsung untuk mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid,” ucapnya.

Sebelum melaksanakan kegiatan pendistribusian paket sembako, pantauan dilokasi, dilaksanakan penyerahan secara simbolis 10 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, dan penyerahan surat keterangan rapid test, serta pembagian bingkisan kepada peserta sunatan massal. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi acara sunatan massal.

Informasi yang diterima, sebanyak lebih kurang 30 peserta sunatan massal ikut yang menghadiri acara kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan itu, diutamakan penerapan Protokol Kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Peserta dan tamu undangan, sebelum memasuki area kegiatan acara tersebut, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh personel Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) Polresta Barelang.

“Pengecekan suhu badan ini, tujuan ialah untuk mengetahui suhu badan para tamu undangan yang hadir dan juga untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona,” ujar Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasat Sabhara) Polresta Barelang, Kompol Firdaus.

Selain itu, kata Firdaus, jarak duduk para tamu undangan juga diatur dan juga dilakukan pemeriksaan rapid test. Ini dilakukan, lanjut Firdaus, untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 mengingat kasus pasien positif telah mencapai total 1000an di Kota Batam.

“Ini untuk menekan penularan Covid-19. diharapkan kepada masyarakat khususnya di Kota Batam, agar patuhi Protokol Kesehatan. Jangan panik tetap jaga kesehatan serta tetap waspada dan yang utama kita terus berdoa kepada Allah SWT agar wabah ini segera berakhir,” pungkas Firdaus. (IS)

0 0 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x