Jumat, 23 Oktober 2020
log
12 Okt 2020
Ilustrasi (ist)
Ilustrasi (ist)

Tanjungpinang, inikepri.com – Pemerintah Kota (pemko) Tanjungpinang merencanakan kartu kendali pembelian gas elpiji kemasan 3 Kg diluncurkan pada peringatan Hari Jadi Ke-19 Kota Otonom Tanjungpinang, 17 Oktober 2020 mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako Tanjungpinang, Nopirman Syahpurta mengatakan rencana awal peluncuran itu pada HUT Otonom Kota Tanjungpinang, namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil verifikasi draf memorandum of understanding (MoU) dari legal pihak pertamina.

“Masih tentatif, dapat berubah, Insyaallah pada HUT otonom kota Tanjungpinang,” ungkap Nopirman, Minggu (11/10/2020).

Nopirman menjelaskan persiapan kartu kendali gas elpiji kemasan 3kg itu sudah mencapai 80%, dari segi pendataan sudah dilakukan dari Dinas Sosial (Dinsos). 

Pada 2021 nanti, ditargetkan kuotanya 11.000 untuk rumah tangga sedangkan untuk UMKM sebanyak 2.192 yang menerima manfaat elpiji 3 kg subsidi. 

“Perwakonya kita sudah susun, kemudian karena kartunya keluaran dari Bank sehingga segala bentuk yang tertuang di kartu harus ada persetujuan Bank Indonesia,” katanya. 

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako Tanjungpinang, Nopirman Syahpurta

Nopirman menyebutkan, untuk jatah setiap hari luntuk rumah tangga sebanyak lima tabung per bulan, sedangkan untuk UMKM mendapat kuota dua tabung per hari sehingga satu bulanya pelaku UMKM mendapat 60 tabung. 

“Sebenarnya salah satu penyebab kelangkaan itu karena adanya pembeli nakal yang bukan bagian agen atau pangkalan yang menjual kembali, karena jika tidak ada kartu kendali siapa aja bisa beli,” ujarnya. 

Nantinya yang akan dilayani agen atau pangkalan adalah yang memiliki kartu kendali dengan tujuan bisa dibatasi, kemudian jika ada pangkalan yang nakal juga akan terekam kepada siapa saja gas itu dijual. 

“Akan diketahui jika dijual kepada selain rumah tangga dan UMKM yang sudah dipersyaratkan,” ungkapnya. 

Pembelian gas elpiji itu nantinya menggunakan sistem non tunai, kartu combo yang dikeluarkan oleh Bank BNI yang sekaligus bisa digunakan untuk tabungan,” tutur Nopirman.(ET)

0 0 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x