Jumat, 30 Oktober 2020
log
4 Okt 2020
(ist)
(ist)

Tanjungpinang, inikepri.com – Banyak yang tidak mengenal Lorong Bintan. Orang mungkin mengira lorong ini terdapat di Kabupaten Bintan, namun itu keliru, karena Lorong Bintan terdapat di Kota Tanjungpinang, tepatnya di Jl. Bintan, Kelurahan Tanjungpinang Kota.

Lorong ini sebagaimana Jalan. Bintan punya sejarah masa lalu yang panjang. Lorong ini sudah dikenal sejak berdirinya Kerajaan Riau Lingga.

Ada apa dahulu di lorong ini? Menurut tokoh masyarakat Tionghoa Fengky Fesinto, di lorong itu dahulu tempat penyimpanan candu. Kemudian, julukan lain yang melekat di lorong itu adalah tempat wanita malam.

Lorong ini juga disebut Lorong Busuk. Kenapa? dulu ketika kita berjalan di lorong itu bau pesing saking busuknya.

Dulu masyarakat seenaknya saja buang hajat di lorong itu sehingga jika kita jalan di lorong itu harus tutup hidung. Baunya itu, minta ampun,” kata Fengky, Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Jumat (2/10/2020).

Itu dulu. Sekarang? Tak ada lagi kesan busuk di lorong itu. Tak ada lagi wanita malam nongkrong di situ. Tak ada lagi pabrik atau penyimpanan candu di situ.

Semua itu tinggal kenangan Lorong sepanjang 250 meter itu sekarang sudah ‘bedelau” indah, bersih, rapi dan tertata baik,” ujar Fengki

Festival Mooncake di Lorong Bintan

Adalah Ketua RT 01/RW 02 Bun Bui yang mempermolek lorong Bintan sehingga mendapat pujian.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Surjadi, Direktur Politeknik Bintan, Rita Ritasari, Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang Fengky Fesinto memuji kreativitas Bunbui.

Rita yang pertama kali menikmati Festival Mooncake di Lorong Bintan pada Kamis (1/10/2020) lalu mengacungkan dua jempol untuk ketua RT perempuan yang akrab dipanggil Ce Sherly ini.

Cece, top banget kreativitas mu. Saya tak menyangka lorong ini begitu indah di malam ini. Bravo,” kata Rita.

Surjadi juga menyampaikan pujian yang sama dan ucapan selamat. “Minta ampun Cece, dahulu lewat lorong ini orang tak mau. Sekarang di tangan Cece Lorong ini berkilau. Sukses Cece,” kata dia.

Mendapat pujian itu Cece Sherly hanya tersenyum. “Ini berkat bapak juga. Kami semangat karena didorong terus oleh bapak dan ibu ini,” ujar Cece. (ET)

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x