Minggu, 1 November 2020
log
2 Okt 2020
IMG-20201002-WA0043

Tanjungpinang, inikepri.com – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang menyalurkan dana program kemitraan tahun 2020 sebesar Rp275 Juta kepada lima pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Tanjungpinang.

Yusrizal menerangkan bahwa dana kemitraan yang disalurkan ini berupa bantuan pinjaman modal kepada UMKM dengan bunga yang rendah yakni 3 persen per tahun.

“Dengan bantuan pinjaman modal yang diberikan kepada UMKM diharapkan bisa menjadi stimulus untuk para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, terutama di masa pandemi Covid-19 agar bisa terus bertahan dalam menjalankan bisnisnya. Dana yang disalurkan Pelindo 1 Tanjungpinang ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha yang kemudian akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di wilayah kerja Pelindo 1 Tanjungpinang,” kata Yusrizal, Jumat (2/10/2020).

Dana kemitraan untuk pelaku UMKM di wilayah Tanjungpinang ini disalurkan kepada Riskhy Pramono untuk sektor usaha jasa laundry pakaian, Rikha Katrina sektor perdagangan, Agusman untuk sektor usaha jasa penyewaan kendaraan, Roselli Purba sektor penjualan pakaian dan sepatu, dan Detisa Ramadon untuk sektor jasa rumah sewa.

Agusman, salah satu mitra binaan yang menerima dana kemitraan Pelindo 1 mengatakan bahwa dana pinjaman dari Pelindo 1 ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke depan.

“Di tengah situasi Covid-19 ini, usaha yang saya lakukan juga terkena dampaknya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pelindo 1, saya menerima bantuan dana kemitraan yang bisa digunakan untuk bantuan modal usaha saya,” ujar Agusman.

VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan, Pelindo 1 memiliki Program Kemitraan sebagai upaya untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat. Program ini disalurkan berupa bantuan pinjaman modal kepada pelaku UMKM dari berbagai sektor yang meliputi:industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan lainnya yang disalurkan di seluruh wilayah operasional Pelindo 1 yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Dalam pelaksanaan program kemitraan ini, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana saja yang diberikan kepada para pelaku UMKM, namun Pelindo 1 juga memberikan pembinaan dan pelatihan untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidang usahanya, serta Pelindo 1 juga sering mengajak mitra binaan untuk mengikuti pameran di berbagai wilayah di Indonesia untuk memperkenalkan hasil karya para mitra binaan dan memperluas pangsa pasar.

“Harapannya, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan dan akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar Pelindo 1,” imbuh Fiona.

Sebagai informasi, Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang mengelola tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pelabuhan Sri Payung Batu Anam, dan Pelabuhan Penumpang serta Peti Kemas Sei Kolak Kijang.

Pelabuhan Sri Bintan Pura merupakan salah satu obyek vital di kota Tanjungpinang yang menjadi pintu gerbang utama bagi jalur transportasi masyarakat dan masuknya wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menuju ke kota Tanjungpinang dan Bintan.

Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang memiliki 1 unit kapal pandu, 1 unit kapal patroli, 4 unit headtruck, 2 unit mobile crane, 2 unit forklift, 2 unit reachstaker, dan 1 unit fixed crane untuk mendukung layanan bisnisnya. (ET)

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x