Selasa, 20 Oktober 2020
log
Ikuti Kami di :
3 Sep 2020
afp_kakbah3

Mekkah, inikepri.com – Gubernur Mekkah Pangeran Khaled Al Faisal akan memimpin acara tahunan mencuci Ka’bah di Masjidil Haram, Arab Saudi, Kamis (3/9/2020).

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud sudah memberikan izin kepada Pangeran Khaleed untuk memimpin pencucian Ka’bah bertepatan tanggal 15 Muharram 1442 H.

Prosesi pencucian akan dilakukan di bawah penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdul Rahman Al Sudais, mengatakan persetujuan Raja Salmah menunjukkan kesungguhan negara untuk merawat Dua Masjid Suci serta melayani jemaah serta pengunjung Masjidil Haram.

Kakl’bah akan dicuci menggunakan air Zamzam yang dicampur dengan air mawar, parfum, dan wewangian lainnya. Pada tahun lalu, presidensi memutuskan hanya mengadakan prosesi pencucian Ka’bah sekali dalam setahun yakni setiap 15 Muharram.

Prosesi kedua yang biasanya dilaksanan pada Syaban dibatalkan terkait proyek perluasan Masjidil Haram yang masih berlangsung.

Pencucian Ka’bah ini mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW. Saat Nabi Muhammad memasuki Ka’bah saat penaklukan Kota Mekkah, dia mencuci struktur dan membersihkannya dari berhala dan kebiasaan itu diikuti oleh para khalifah namun tanpa menetapkan tanggal tertentu.

Sejak pemerintahan pendiri Arab Saudi modern Raja Abdulaziz, mencuci Ka’bah dilakukan dua kali dalam setahun, yang pertama dilakukan pada Muharram dan kedua pada Syaban. Sementara itu kain Kiswah diganti sekali setahun yakni setiap 9 Dzulhijjah.

Merupakan kebiasaan bagi raja Saudi atau wakilnya mencuci Ka’bah di bagian dalam. Handuk digunakan untuk menyeka dinding Kakbah. Dinding dalam dibersihkan menggunakan kain putih yang dicelupkan ke parfum misk. Sementara air zamzam dicampur air mawar disiram ke lantai dan dilap menggunakan tangan kosong dan daun lontar.

Sumber : www.inews.id

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x