Rabu, 28 Oktober 2020
log
4 Sep 2020
t_5f50a936278d9

Batam, inikepri.com – Youtiao atau yang dikenal dengan nama Cakwe adalah panganan tradisional Tionghoa. Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa dalam bahasa Tiongkok Youtiao berarti hantu yang digoreng.

Youtiao berasal dari Dinasti Song ketika menteri Qin Gui, di bawah pengaruh istrinya, mengeksekusi seorang jenderal bernama Yue Fei.

Yue Fei adalah jenderal yang dicintai oleh rakyatnya. Jenderal Yue Fei dengan gigih berhasil menaklukkan musuh dan mengembalikan beberapa kota milik Dinasti Song.

Namun Qin Gui menganggap peperangan melawan Dinasti Jin adalah pemborosan uang negara. Ia menghasut Kaisar untuk menghukum Yue Fei atas tuduhan palsu hingga akhir ia dipanggil dan diberi hukuman mati.

Kematian Yue Fei menimbulkan amarah rakyat. Konon pada saat itu seorang pedagang makanan kecil mendapatkan ide untuk menggoreng dua adonan tepung yang ia bentuk seperti manusia yang saling memunggungi.

Bentuk manusia yang saling memunggungi itu pun dianggap sebagai Qin Hui dan istrinya yang ia celupkan pada minyak panas mendidih.

Setelah itu ia pun menjajakan dagangannya dan berteriak “Dijual Hui goreng!” mengacu pada menteri Qin Hui yang memfitnah Yue Fei.

Di Indonesia sendiri cakwe dapat ditemukan di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima di beberapa daerah. Cara penyajian pun beragam seperti disertai susu kedelai, sambal asam cair, atau mencelupkannya ke dalam bubur.

Sumber : www.indozone.id

0 0 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x