Senin, 26 Oktober 2020
log
8 Sep 2020
Wifi

Batam, inikepri.com – Cara mengetahui sandi Wifi sangat mudah bagi sebagian orang. Jika sudah mengetahui cara melihat sandi Wifi seseorang, Anda tidak perlu bertanya lagi pada pemiliknya.

Saat Anda sedang mengunjungi rumah teman dan memerlukan kata sandi Wifi, tapi tidak ingin mengganggu teman, ada solusi yang bisa dilakukan. Beruntung, jika salah satu perangkat seperti laptop sudah terhubung dari kunjungan sebelumnya, melihat sandi Wifi menjadi lebih mudah.

Anda dapat mengambil kata sandi Wifi dari perangkat yang sudah terhubung dan mengetikkannya pada perangkat Anda yang lain. Bagaimana cara untuk melakukannya?

Berikut ini tips yang dapat diikuti sebagaimana dikutip dari PC Mag, Senin (7/9/2020).

Cara Mengetahui Sandi Wifi di Windows

Windows membuatnya lebih mudah selama Anda saat ini terhubung ke jaringan yang dimaksud. Buka menu Start dan cari ‘Network Status’ lalu klik tombol Change Adapter Options yang muncul di menu pengaturan.

Klik kanan pada adaptor Wifi komputer Anda dalam daftar, pilih Status > Wireless Properties. Di bawah tab Security, Anda akan melihat kotak kata sandi dengan titik-titik di dalamnya. Klik kotak ‘Show Characters’ untuk melihat kata sandi muncul di dalam teks biasa.

Jika Anda mencoba melihat kata sandi untuk jaringan yang saat ini tidak Anda sambungkan, segalanya akan sedikit lebih rumit. Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Magical JellyBean Wifi Password Revealer, yang akan menampilkan kata sandi dari semua jaringan yang disimpan.

Jika memilih untuk tidak menginstal perangkat lunak tambahan, Anda dapat menemukan kata sandi dari Command Prompt Windows. Buka Start Menu, cari “Command Prompt”, dan klik kanan untuk Run As Administrator. Kemudian jalankan perintah berikut untuk melihat daftar jaringan Wi-Fi yang disimpan: netsh wlan show profile.

Pilih jaringan yang Anda inginkan dari daftar, lalu jalankan: wlan show profile MyNetwork key=clear.

Cara Mengetahui Sandi Wifi di macOS

MacOS Apple menyimpan kata sandi Wifi di keychain, yang dapat Anda lihat dengan membuka aplikasi Keychain Access. Tekan Command + Space untuk membuka Spotlight, cari ‘keychain access’ dan buka aplikasi. Lalu, gunakan search bar di Keychain Access app untuk mencari nama jaringan Wifi mana pun yang pernah Anda sambungkan.

Cara Mengetahui Sandi Wifi di Android

Sayangnya, melihat kata sandi Wifi jauh lebih sulit di platform seluler. Namun, jika Anda menjalankan Android 10, melihat sandi Wifi menjadi lebih mudah. Cukup buka Pengaturan> Jaringan & Internet> Wi-Fi dan pilih jaringan yang dimaksud.

(Jika saat ini tidak terhubung, Anda harus mengetuk Jaringan Tersimpan untuk melihat jaringan lain yang pernah Anda sambungkan sebelumnya.) Kemudian, ketuk tombol Bagikan, dan kata sandi jaringan akan muncul di bawah kode QR.

Lantas bagaimana dengan pemilik ponsel di bawah Android 10? Tanpa Android 10, Anda tidak dapat melihat sandi jaringan Wifi kecuali di-root. Jika ingin, file explorer root-friendly seperti Solid Explorer dapat membantu Anda menemukan password. Cukup /data/misc/wifi and open the wpa_supplicant.conf file.

Di dalam dokumen itu, Anda seharusnya dapat menemukan nama jaringan beserta kata sandinya. Perhatikan lokasi file itu dan keefektifan metode ini mungkin berbeda dari perangkat ke perangkat karena beberapa mungkin mengenkripsi kata sandi dalam wpa_supplicant.conf.

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x