Jumat, 23 Oktober 2020
log
Ikuti Kami di :
26 Sep 2020
Kasir-Indomaret

Batam, inikepri.com – Saat membayar belanjaan di kasir Indomaret, sebagian kita mungkin pernah diminta ‘mengikhlaskan’ uang kembalian. Biasanya, nominalnya terbilang kecil atau sekadar recehan, yakni mulai dari Rp100 hingga Rp400. Lantas, ke mana larinya uang kembalian tersebut?

Rupanya, uang kembalian belanja yang diminta kasir Indomaret tidak lari ke kantong pribadi pegawai, apalagi perusahaan. Melainkan, disumbangkan untuk pihak-pihak yang membutuhkan.

Diketahui, Indomaret bekerja sama dengan Kementerian Sosial atau Kemensos dalam pengadaan program Pengumpulan Uang atau Barang (PBU). Maka dengan begitu, uang kembalian yang acap diminta untuk donasi, masuk ke kas mereka dan kemudian dikelola ulang.

Setidaknya, hal itu yang diungkapkan Kepala Bagian Program dan Pelaporan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos, Cecep Sulaiman, baru-baru ini.

“Kalau belanja di Indomaret terus ada uang kembalian Rp200 atau Rp100 atau Rp50 itu didonasikan saja, ya. Nah itu termasuk salah satu upaya-upaya (PUB) dan semua dilakukan secara akuntabel. Dan ini penyalurannya disalurkan salah satunya melalui Kemensos,” ujar Cecep, dikutip dari Kumparan, Kamis 24 September 2020.

Lebih jauh, Cecep mengungkapkan, sejak tahun 2019 hingga 2020, program yang diusung pihaknya dan Indomaret tersebut, sudah berhasil mengumpulkan banyak dana. Bahkan, dia memastikan, seluruhnya disalurkan tepat sasaran, yakni untuk masyarakat di pedalaman dengan membangun saluran air bersih, balai sosial, rumah, sampai jamban atau toilet umum. 

Berikutnya, Kemensos tak menutup kemungkinan bekerja sama dengan pihak lain di luar Indomaret untuk mengadakan program sejenis. Sebab, kata Cecep, meski dikumpulkan dari uang receh, manfaatnya untuk masyarakat terbilang banyak.

Disalurkan untuk hal lain

Selain disalurkan untuk program PUB Kemensos, ternyata uang kembalian yang disumbangkan konsumen Indomaret dihibahkan ke Palang Merah Indonesia atau PMI hingga daerah terpencil. Hal itu dibeberkan Direktur Utama PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Sinarman Jonatan, dalam keterbukaan informasi perusahaan.

Sinarman mengatakan, konsumen berdonasi melalui tiga cara, yakni menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dari uang kembalian dan menyumbang tanpa berbelanja. Donasi ini dilakukan secara sukarela. Kasir menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian mencetak jumlah donasi di struk.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pelanggan Indomaret yang sudah dengan setia untuk terus menerus berbagi,” kata dia. (RWP/Hops)

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x