Jumat, 23 Oktober 2020
log
Ikuti Kami di :
7 Sep 2020
ade-1

Jakarta, inikepri.com – Perkataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP, Puan Maharani mengenai Sumatera Barat atau Sumbar harus mendukung negara Pancasila menuai kritikan. Berkenaan dengan itu, pengamat politik, Ade Armando pasang badan untuk membelanya.

Ade Armando mengatakan, sejarah memang menunjukkan banyak tokoh berwatak pluralis dari Sumatera Barat. Namun, kisah itu terjadi di masa lalu. Sementara yang dipersoalkan adalah apa yang terjadi di masa sekarang.

Bahkan, kata Ade, seandainya tokoh bangsa yang hidup di masa lalu melihat kondisi Sumbar saat ini, mungkin saja mereka kecewa.

“Kalau Bung Hatta masih hidup, mungkin dia juga akan khawatir dengan apa yang terjadi di tempat kelahirannya itu. Tanya saja anak dan cucu Bung Hatta tentang Sumatera Barat. Saya duga jawabannya adalah prihatin,” ujar Ade Armando dinukil dari saluran Youtube Cokro TV, Minggu 6 September 2020.

Lebih jauh, jika merujuk pada indeks kota toleran, Padang termasuk dalam kelompok lima kota paling tak toleran di Indonesia. Hal itu, menurutnya, bisa terlihat ketika pemerintah setempat melarang peredaran injil berbahasa Minang.

“Itu maksudnya apa? Kalau orang-orang Sumatera Barat memang pancasilais, mereka pasti akan gembira menyaksikan umat Kristen di sana memiliki injil berbahasa Minang,” terang Ade.

Melalui pengamatannya, pengajar di Universitas Indonesia (UI) itu menilai, hukum di Sumbar kebanyakan merujuk pada nilai-nilai keislaman, tidak dari kepercayaan lain. Di luar itu, Ade juga merasa, ada penindasan yang acap dialami kaum nonmuslim Sumbar terkait pelaksanaan ibadah.

“Banyak pemuka agama dan adat di provinsi tersebut berdalih bahwa mereka sekadar menegakkan prinsip: adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah. Yang artinya masyarakat di sana menegakkan adat yang bersendikan syariah, yang berlandaskan Alquran,” tegas Ade.

“Ini jelas mengherankan karena mereka seolah menyatakan bahwa Alquran mengajarkan umat Islam untuk memusuhi dan menindas hak umat Kristen untuk beribadat,” sambungnya.

Sumber : www.hops.id

2.3 3 votes
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x