Minggu, 18 April 2021
Ikuti Kami di :
2 Apr 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan SDM transportasi yang andal dan profesional.

Di antaranya menjalin kerja sama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Kerja sama ini dituangkan dalam bentuk kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Plt. Kepala BPSDMP Zulfikri dan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, disaksikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi secara virtual, Rabu (31/3/2021).

Dalam sambutannya Menhub menyampaikan, kesepakatan bersama ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi dan sinergi dalam pengembangan kompetensi SDM bidang transportasi, yang nantinya diharapkan mampu mendukung mewujudkan sistem transportasi yang andal di seluruh wilayah.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BPSDMP dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang pada hari ini melakukan Penandatanganan Kesepahaman Bersama (MoU). Kami akan mendukung rencana kerja sama ini, karena sekolah perhubungan ini merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan bagi SDM yang nantinya akan menjadi pengawal di negara kita,” ungkapnya.

Kata dia, hal ini akan menjadi langkah penting dalam pengembangan sektor transportasi, khususnya pada kompetensi SDM bidang transportasi hingga ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Wilayah Kepulaun Riau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga kita Singapura dan Malaysia. 

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono, yang juga ikut menghadiri penandatanganan kesepakatan bersama secara virtual menyampaikan bahwa Kemenhub menyambut baik akan pelaksanaan kerja sama ini, khususnya pada peningkatan kompetensi SDM di wilayah Kepulauan Riau.

“Sebelumnya kami juga telah melaksanakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terkait revitalisasi sekolah di BPSDMP dengan Pola Pembibitan. Untuk itu, ditambah dengan adanya kerja sama ini diharapkan peningkatan kompetensi SDM juga bisa dilakukan di daerah-daerah, demikian juga pada ASN yang memiliki peran sebagai perekat NKRI,” kata Djoko.

Pada kesempatan yang sama, Zulfikri menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara BPSDMP dengan Pemerintah Daerah dalam pengembangan kompetensi SDM Transportasi khususnya di wilayah Kepulauan Riau untuk mewujudkan sistem transportasi menjadi lebih baik, aman dan selamat.

“Adanya kolaborasi dan sinergi ini diharapkan bisa menjadi titik awal untuk terwujudnya SDM transportasi andal yang berasal dari masyarakat Kepulauan Riau”, ujar Zulfikri. 

Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan BPSDMP meliputi peningkatan kompetensi SDM bidang transportasi, penyelenggaraan Diklat Pemberdayaan Masyarakat.

Menetapkan penempatan dan penerimaan peserta didik sesuai persyaratan serta kebutuhan melalui tahapan seleksi yang ditetapkan, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta pertukaran data dan informasi.

“Kerja sama yang dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau merupakan hal penting yang dilakukan, karena dapat bersama-sama berkontribusi pengembangan SDM di bidang transportasi, khususnya di Kepulauan Riau,” tuturnya.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mengatakan wilayah lautan di Kepulauan Riau mencapai 96%, sehingga memiliki berbagai potensi maritim, yang dapat didorong dan kembangkan untuk mewujudkan peningkatan perekonomian di Indonesia.

“Dengan meningkatkan kompetensi SDM Transportasi di wilayah Kepluan Riau, kami berharap dapat mendorong dan mengembangkan berbagai potensi kelautan seoptimal mungkin guna mewujudkan transportasi yang lebih baik dan mampu memberikan nilai tambah bagi seluruh masyarakat di Kepulauan Riau,” ucap Ansar. (ET)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x