Sabtu, 8 Mei 2021
21 Apr 2021
(IS/inikepri.com)
(IS/inikepri.com)

INIKEPRI.COM – Dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, memimpin acara Penandatanganan Piagam Pakta Zona Integritas di Pangkalan Udara (Lanud) Hang Nadim sebagai Satuan Kerja (Satker) Percontohan di lingkungan TNI khususnya TNI Angkatan Udara (AU).

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat (Rupat) Markas Komando (Mako) Lanud Hang Nadim, Jalan Hang Jebat, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Letkol Pnb Iwan Setiawan, mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah untuk memastikan bahwa satuan kerja sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Ini merupakan wujud penyelenggaraan pelaksanakan tugas yang akuntabel dan transparan dalam rangka menciptakan TNI yang ditunjukkan sebagai satuan kerja yang bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) menuju Zona Integritas,” kata Letkol Iwan kepada media ini, Rabu (21/4/2021).

Pakta Integritas, lanjut Letkol Iwan, hanya merupakan salah satu alat dalam mewujudkan jalannya pemerintahan yang baik dan bersih.

“Selain kita profesional di bidang, kita juga akan melayani masyarakat. Seandainya ada keluhan, pengaduan ataupun bantuan yang dimintai oleh masyarakat terutama masyarakat Batam, kami (TNI-AU) siap membantu 1×24 jam,” ujarnya.

Sementara untuk aplikasinya, masih dijelaskan Danlanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan, pihaknya akan membentuk Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan olahraga Paralayang.

“Kami disini (Lanud Hang Nadim) akan membentuk PASI, kemudian akan membuat olahraga Paralayang di Bukit Sembulang, dan ini baru pertama kali disini. Selain itu, kami juga ada bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), pengamanan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan(KKOP),” katanya.

Oleh karena itu, kata Letkol Iwan, tidak bisa berjalan sendiri. Penandatanganan pakta integritas harus diikuti dengan pembenahan di seluruh lini, khususnya yang berkaitan dengan masalah tindak pidana korupsi.

Menurutnya, tahapan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM dimulai dengan pencanangan serta diisi dengan deklarasi dan penandatanganan pakta integritas. Tidak hanya dalam konteks reformasi, tetapi juga dalam menjalankan tugas serta kinerja lainnya.

“Semoga dengan ditandatanganinya pakta integritas di lingkungan Lanud Hang Nadim sebagai Satker Percontohan di lingkungan TNI ini akan membawa secercah harapan perubahan kinerja ke arah yang lebih baik dan modern, sehingga di tahun 2021 ini kita akan mampu meraih predikat WBK dan WBBM. Tentunya dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya,” katanya. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x