Minggu, 13 Juni 2021
25 Mei 2021
(IS/INIKEPRI.COM)
(IS/INIKEPRI.COM)

INIKEPRI.COM – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tak menyurutkan semangat para atlet Taekwondo Kharisma Bangsa untuk tetap dapat mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang dilakukan pada Minggu (23/5/2021) di Atrium Kepri Mall, Batam. Sebanyak 120 taekwondoin diuji kemampuannya, mulai dari sabuk putih hingga sabuk merah strip hitam dua.

Ketua Bidang Kenaikan Tingkat UTI Pro Kepri, Soewito Trikusuman, mengatakan, UKT ini sengaja mereka lakukan agar materi atau ilmu yang telah ditempuh selama masa berlatih dapat diukur dari para taekwondoin.

“Kita ukur kemampuan para atlet dari ujian ini. Untuk tahap ujiannya itu, ada dasar-dasar tendangan, pukulan, tangkisan juga rangkaian jurus kibon dan taegeuk 1 sampai 8, juga ada perkelahian (kyorugi), dan ketahanan fisik,” kata Soewito.

Soewito juga mengatakan, untuk antisipasi tidak terjadinya kerumunan, UKT kali ini dibagi menjadi tiga sesi dengan durasi satu jam per sesi.

“Sengaja kita bagi tiga sesi karena melibatkan banyak orang agar tetap mengikuti standar kesehatan Covid-19, anak-anak yang mengikuti ujian pun terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya, mencuci tangan dan memakai masker,” jelas Soewito.

Sementara itu, Penguji Nasional UTI Pro Master, Siauw Lung Wu, mengatakan, pada UKT ini, ujian kenaikan tingkat bukan hanya sekadar ujian. Dari ujian itu diharapkan lahir bibit-bibit atlet potensial yang kelak bisa dibina untuk menjadi atlet andalan. Sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Selain itu, lanjutnya, dengan UKT ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman dan kemampuan para taekwondoin agar bisa bersaing di kejuaraan-kejuaraan yang lebih besar lagi.

“Jadi kita ingin melihat perkembangan dan mengukur kemampuan para atlet setelah mereka mengikuti latihan. Semoga para atlet bisa terus meraih dan meningkatkan prestasinya di tahun-tahun mendatang,” katanya. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x