Cuaca Panas Menyengat, Warga Tanjungpinang Alami Pusing dan Mual

INIKEPRI.COM – Cuaca panas yang lebih dari biasanya dirasakan warga Tanjungpinang, Rabu 22 September 2021.

Karena hal ini banyak warga yang merasakan efek pusing dan bahkan mual.

Kondisi itu disebut Sengatan Panas atau Heat Stroke. Bagi yang merasakan gejalanya, diminta untuk banyak mengkonsumsi air.

“Hari ini panas betul. Sampai sakit kepala dan rasanya berdenyut-denyut. Mata pun rasanya perih,” ujar Rina Febriarni, Warga Batu 9, Tanjungpinang.

Hal serupa juga dirasakan Dwi Apriani Putri, Warga Ganet yang juga merasakan cuaca hari ini lebih panas dari biasanya. Ia mengaku sudah menyalakan pendingin ruangan (AC), namun masih saja tetap merasakan panas dan juga diserang rasa mual.

Hal tersebut ternyata bagian dari tanda dan gejala Serangan Panas atau Heat Stroke. Memang temperatur Tanjungpinang di sore hari, lewat pukul 16.00 masih berada 32 derajat celcius.

Serangan Panas atau Heat Stroke itu tanda dan gejalanya berbeda pada setiap orang. Namun pada umumnya merasakan denyut nadi yang cepat dan kuat. Lalu sakit kepala da nada juga yang muntah.

“Namun gejala pada setiap orang bisa berbeda, tergantung status hidrasi,” ujar dr. Dwinita Vivianti, Sp.PD, M.Kes, Spesialis Penyakit Dalam pada RS Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang.

Untuk meredakannya, disarankan untuk banyak mengkonsumsi air. Biasanya kalau panas, pada suka minum air dingin yang berwarna dan berasa, boleh-boleh saja. Tapi cenderung perubahan cuaca yang ekstrem akan berpengaruh pada daya tahan tubuh.

“Kalau esnya kena debu atau airnya mentah, malah bisa kena radang tenggorokan atau diare,” tambah wanita yang akrab disapa Dokter Vivi ini.

Disarankan untuk minum air putih hangat. Untuk bayi, tetap diberi ASI. Lalu segera istirahat di tempat yang teduh dan tidak terpapar matahari secara langsung. Usahakan mengusap wajah dan kepala menggunakan handuk yang dibasahi air. (ET)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!