Alasan Tetap Pakai iPhone 11 di 2021, Lupakan Dulu iPhone 13!

INIKEPRI.COM – Apple baru saja menambah jajaran smartphone 2021 dengan meluncurkan iPhone 13.

Namun, bagi Anda yang ingin lebih hemat, iPhone 11 yang baru berusia 2 tahun juga tidak boleh diabaikan.

Dengan harga baru yang dibanderol US$ 500, nilai iPhone 11 64GB sekitar US$ 300 lebih murah daripada iPhone 13 128GB dengan harga US$ 800.

Jika dibandingkan, memang ada beberapa fitur yang tidak akan Anda dapatkan jika memilih iPhone 11 daripada iPhone 13 (atau bahkan iPhone 12 tahun lalu), seperti tidak ada dukungan 5G, fitur kamera yang lebih baru, masa pakai baterai iPhone 13 yang ditingkatkan, dukungan aksesori MagSafe, dan layar OLED dengan kontras yang lebih baik.

Tetapi jika Anda tidak keberatan mengorbankan fitur-fitur tersebut, iPhone 11 sebetulnya adalah pilihan yang sangat baik.

Mengutip CNet, Sabtu (9/10/201), adanya 5G mungkin merupakan kekurangan terbesar dari iPhone 11.

Tetapi kabar baiknya adalah jaringan 5G tidak terlalu diperlukan saat ini. Pasalnya, jaringan 5G yang tersebar luas hanya sedikit lebih baik daripada 4G LTE.

Anda juga tidak akan melewatkan apa pun jika Anda memiliki smartphone tanpa 5G untuk saat ini.

Di samping itu, iPhone 11 menawarkan banyak hal mendasar namun dibutuhkan. Jika Anda beralih dari model lama seperti iPhone 8 atau sebelumnya, prosesor A13 Bionic yang dimiliki iPhone 11 pasti akan terasa jauh lebih baik.

Apalagi, iPhone 11 juga merupakan smartphone pertama Apple yang hadir dengan chip U1-nya, yang memungkinkannya menggunakan protokol nirkabel ultra wideband.

Secara sederhana, chip U1 ini membuat pengguna iPhone mengakses beberapa fitur dengan nyaman, seperti AirDrop yang lebih cepat hingga kemampuan handoff yang lebih mudah saat mentransfer musik dan panggilan antara iPhone dan HomePod Mini.

Dari segi layar, iPhone 11 yang berukuran 6,1 inci memang tidak setajam iPhone 12 atau iPhone 13, dan kontrasnya tidak setinggi keduanya karena menggunakan panel LCD dan bukan OLED.

Namun, masih cukup tajam untuk menonton film dan menelusuri Instagram. Daya tahan baterai juga tidak selama iPhone 13, tetapi hampir sama dengan iPhone 12 menurut perkiraan Apple.

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah penyimpanan. Jika Anda tidak menyimpan banyak file, film, dan foto di ponsel Anda dan sebagian besar bergantung pada iCloud, maka kapasitas 64GB di iPhone 11 entry-level tergolong sudah cukup.

Meskipun iPhone 13 hadir dengan penyimpanan dua kali lipat, Anda masih dapat menghemat banyak dengan memilih iPhone 11 128 GB sebagai gantinya. (ER/CNBCINDONESIA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!