Dinsos Tanjungpinang Kembali Terima 16 Mahasiswa Magang Stisipol Raja Haji

INIKEPRI.COM – Dinas Sosial Kota Tanjungpinang kembali menerima 16 mahasiswa magang Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, Kepri, di aula kantor Dinsos Kota Tanjungpinang, Kamis (15/9/2022).

Sekretaris Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Hardianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dinas Sosial merupakan laboratorium mini bagi mahasiswa magang Stisipol Tanjungpinang, karena di dinas ini, segala permasalahan kesehatan sosial dapat dipelajari.

Seperti disabilitas fisik, disabilitas mental, lansia terlantar, anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum, kebencanaan, perlindungan sosial, khususnya bidang kesehatan melalui PBI-JK, bantuan sosial, kelembagaan sosial, dan pemberdayaan sosial penanganan fakir miskin.

“Di sini, para mahasiswa dapat menambah pengetahuan dalam bidang sosial yang sangat kompleks di masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA:

Harla Satu Abad, Pemko Tanjungpinang Hadiahkan Hibah Pembangunan Gedung Graha NU

Ia menjelaskan, melalui tiga bidang yang ada di dinas sosial, yaitu rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial, serta pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin, mahasiswa dapat mempelajari secara utuh dan komprehensif.

Serta menggali secara mendalam mengapa keadaan tersebut dapat terjadi sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh akan semakin luas.

Saat ini, permasalahan terkait DTKS semakin meluas sehingga banyak masyarakat yang melapor dan ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah tersebut, baik yang berupa bantuan BLT BBM, BPNT, ataupun bantuan sosial lainnya.

“Sehingga dinsos membutuhkan keterlibatan mahasiswa untuk melakukan verifikasi dan validasi di lapangan, apakah calon keluarga penerima manfaat dapat dinyatakan patut dan wajar atau dinyatakan belum, sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Stisipol Tanjungpinang atas keikutsertaan mahasiswa magang di dinas sosial dalam membantu tugas-tugas yang biasanya dilaksanakan oleh pegawai dinsos.

“Kami ucapkan terima kasih atas pengabdian mahasiswa Stisipol di dinas sosial,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka menyebutkan mahasiswa yang magang di dinas sosial sejumlah 16 orang mahasiswa. Terdiri dari mahasiswa jurusan administrasi publik 8 orang dan ilmu pemerintahan 8 orang.

“Pengiriman mahasiswa magang ini dalam rangka melaksanakan pembelajaran di luar kampus program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) semester ganjil 2022/2023. Pelaksanaannya dimulai sejak 12 September 2022 hingga 31 Januari 2023,” terangnya.

Endri berharap kepada para mahasiswa agar dapat belajar secara sungguh-sungguh dan dapat menggali segala permasalahan yang ada di dinas sosial sehingga ilmu yang didapat bermanfaat saat setelah menyelesaikan perkulihannya.

“Dan ini dapat menjadi bekal di saat memasuki dunia kerja. Terima kasih kepada dinas sosial yang telah bersedia menyediakan tempat dan waktu untuk praktek magang mahasiswa Stisipol,” tuturnya. (RBP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!