Perspektif Amsakar Soal Milenial dan Gen Z Kota Batam ke Depan

- Admin

Senin, 3 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Amsakar Achmad, Wakil Wali Kota Batam. Foto: INIKEPRI.COM

Amsakar Achmad, Wakil Wali Kota Batam. Foto: INIKEPRI.COM

INIKEPRI.COM – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyebut, pada Pilkada 2024 serentak mendatang, generasi milenial dan Gen Z memiliki peranan penting dalam menentukan arah masa depan Kota Batam melalui hak pilih mereka.

Amsakar mengatakan, populasi milenial dan Gen Z yang mencapai lebih dari 50 persen di Kota Batam harus mendapat perhatian khusus ke depannya.

“Di Kota Batam ini, generasi milenial dan Gen Z itu jumlahnya lebih dari 50 persen. Itu populasi yang sangat besar. Harus ada atensi khusus dari pemerintah kepada mereka,” ucap Amsakar, kepada INIKEPRI.COM, Senin (3/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Generasi milenial dan Gen Z, sebut Amsakar, berperan penting dalam melakukan transformasi dalam banyak kebijakan di masa depan.

Baca Juga :  Mengenal Amsakar Achmad: Dibekali Sajadah, hingga Menjadi Wakil Wali Kota Batam

“Tidak bisa dipungkiri, mereka (generasi milenial dan Gen Z, red) berperan penting untuk melakukan transformasi nilai, perilaku, dan lifestyle dari generasi sebelumnya, sehingga kepada mereka perlu ditanamkan sistem nilai yang kokoh sebagai fondasi mereka untuk memberikan nilai tambah bagi daerah dan bangsa ini di masa depan,” jelas dia.

Baca Juga :  Amsakar Sebut Pengemudi Ojol Berkontribusi Gerakkan Ekonomi Batam

Banyaknya generasi milenial dan Gen Z yang dewasa ini akrab dengan teknologi serta banyak yang berprofesi content creator, lanjut Amsakar, dapat menjadi daya ungkit bagi kemajuan suatu daerah

.

“Mereka memiliki kekuatan dalam memberdayakan dan mendayagunakan teknologi informasi (TI) sehingga keakraban mereka dengan TI tersebut perlu diarahkan kepada hal-hal yg produktif agar dapat memberikan nilai ekonomis. Posisi mereka sebagai influencer atau content creator dapat memberikan daya ungkit yang hebat dalam melipatgandakan potensi personal mereka, potensi daerah maupun potensi bangsa ini, sekarang dan di masa depan,” papar Amsakar.

Baca Juga :  Amsakar Ajak Intelektual Muda Berkontribusi Bagi Negeri

Amsakar yang memulai karier dari level paling bawah di Pemerintah Kota Batam ini, berharap, meski perkembangan zaman ini berlangsung sangat cepat, milenial dan Gen Z, harus tetap mempertahankan norma yang ada.

“Pesatnya kemajuan teknologi hari ini, harus kita waspadai dan bentengi. Generasi milenial dan Gen Z harus tetap pertahankan jati diri bangsa dan sistem nilai luhur yang telah terbangun dan tertanam selama ini di tengah kemajuan teknologi,” ujar dia.

Selain itu, Amsakar juga berharap ke depannya, lebih banyak milenial dan Gen Z yang mau melibatkan diri dalam kegiatan politis.

“Sebagai komunitas yang populasinya lebih dari 50 persen dari penduduk Batam, generasi millenial dan Gen Z hendaknya perlu sadar dan melibatkan diri secara aktif dalam berbagai kegiatan dan kebijakan politis. Karena pada aspek inilah milenial dan Gen Z kurang memberikan atensi padahal apa yang akan terjadi pada kota dan negara ini, semuanya tidak terlepas dari kebijakan politis. Karena itu, sangat diperlukan kesadaran politis dari mereka ke depannya,” jelas Amsakar yang telah dua periode terakhir ini duduk sbagai orang nomor dua di Kota Batam.

Sosok Wakil Wali Kota yang dikenal dengan kesederhanaan dan merakyat ini kemudian menjelaskan arah fikirannya terhadap milenial dan Gen Z di Kota Batam nantinya. Ia ingin milenial dan Gen Z tak hanya sekedar gimmick politik yang menjadi komoditas setiap Pemilu berlangsung.

Baca Juga :  Hadiri Pengurus HmI Cabang Batam, Amsakar Ungkap Potensi Anak Muda dalam Pembangunan

“Selama ini mereka hanya menjadi komoditas politik. Itu harus tidak terjadi lagi. Ke depannya, kita ingin mengikutsertakan mereka dalam perumusan berbagai kebijakan strategis di daerah seperti penglibatan dalam berbagai level pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kota Batam,” harap dia.

Amsakar yang akan maju sebagai Calon Wali Kota Batam pada Pilkada 2024 ini menyebut, dalam mengarungi kontestasi politik ke depan, ia juga telah menampung beberapa ide serta gagasan dari milenial dan Gen Z yang akan masuk dalam visi, misi dan program yang akan ia “jual” nantinya.

“Banyak masukan dari mereka yang akan kita masukkan dalam visi-misi nantinya. Saya sangat terbuka dengan gagasan dari milenial dan Gen Z. Apa yang kira-kira menjadi harapan, silahkan sampaikan ke saya. Input-input inilah yang saya sangat butuhkan. Mari kita berdiskusi untuk hal ini,” pesan Amsakar.

Baca Juga :  Amsakar Dukung Tumbuh Kembang Startup Digital

Ia lantas memaparkan apabila nantinya diberikan mandat sebagai orang nomor satu di kota berjuluk “Bandar Dunia Madani” ini, pihaknya akan mengajak milenial dan Gen Z dalam menyusun rencana agar harapan mereka dapat terakomodir dan terimplementasikan di Kota Batam.

“Kita akan mengajak mereka untuk bersama-sama menyusun rencana induk pengembangan dan pemberdayaan generasi millenial dan Gen Z Batam sehingga akan diketahui potensi yg dapat dikelola oleh mereka atau yang akan memberikan nilai tambah terhadap mereka,” ucap dia lagi.

Ke depan, imbuh dia, milenial dan Gen Z di Kota Batam ini, akan menjadi ujung tombak bagi pemerintah Kota Batam.

Baca Juga :  Amsakar Ajak Mahasiswa Ekonomi Bisnis Unrika Tumbuhkan Jiwa Enterpreneur

“Kita akan sama-sama memberdayakan milenial dan Gen Z, terutama yang hari ini menjadi content creator sebagai ujung tombak untuk mengkomunikasikan atau menyebarluaskan secara massif berbagai program, kebijakan, atau capaian pembangunan daerah,” tutup dia.

Penulis : DI

Editor : IZ

Berita Terkait

PLN Batam Sukses Jaga Keandalan Pasokan Listrik Selama Hari Raya Idul Adha 1445 H
ALPPIND Sagulung Rayakan Idul Adha dan Santunan Anak Yatim, Amsakar: Jangan Berhenti Menebarkan Kebajikan
Silaturahmi di Sei Beduk, Ansar Pastikan Program Strategis Diketahui Masyarakat
Ansar Paparkan Program Strategis saat Silaturahmi dengan masyarakat Perumahan Putri Hijau Batam
Sampaikan Ucapan Idul Adha 1445 H, Amsakar: Semoga Kita Menjadi Pribadi yang Penuh Keikhlasan dan Selalu Bersyukur
Hadir di Majelis Taklim Tembesi Bengkel, Amsakar: Meningkatkan Keimanan Kita
Buka Secara Resmi Forbi Kepri Mixed Martial Art Back to Fighting at the Summer Party, Amsakar: Semoga Lahir Fighter Hebat
Ansar Disambut Hangat Masyarakat Kavling Seroja Sagulung Batam

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 08:40 WIB

PLN Batam Sukses Jaga Keandalan Pasokan Listrik Selama Hari Raya Idul Adha 1445 H

Kamis, 20 Juni 2024 - 11:31 WIB

ALPPIND Sagulung Rayakan Idul Adha dan Santunan Anak Yatim, Amsakar: Jangan Berhenti Menebarkan Kebajikan

Senin, 17 Juni 2024 - 08:20 WIB

Ansar Paparkan Program Strategis saat Silaturahmi dengan masyarakat Perumahan Putri Hijau Batam

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:58 WIB

Sampaikan Ucapan Idul Adha 1445 H, Amsakar: Semoga Kita Menjadi Pribadi yang Penuh Keikhlasan dan Selalu Bersyukur

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:07 WIB

Hadir di Majelis Taklim Tembesi Bengkel, Amsakar: Meningkatkan Keimanan Kita

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:03 WIB

Buka Secara Resmi Forbi Kepri Mixed Martial Art Back to Fighting at the Summer Party, Amsakar: Semoga Lahir Fighter Hebat

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:02 WIB

Ansar Disambut Hangat Masyarakat Kavling Seroja Sagulung Batam

Sabtu, 15 Juni 2024 - 19:30 WIB

Ingin Keberlanjutan, Ratusan Influencer dan Pekerja Kreatif All In Amsakar Achmad di Pilwako Batam 2024

Berita Terbaru