Rabu, 2 Desember 2020
log
26 Okt 2020
(ist)
(ist)

Batam, inikepri.com – Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum, P.hD membagikan masker kepada pengunjung Dataran Engku Hamidah, Sabtu (24/10/2020) malam. Pembagian masker tersebut, merupakan bagian dari Gerakan Sejuta Masker sebagai upaya mewujudkan Pilkada Sehat 2020.

Syamsul mengatakan, gerakan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Batam kepada masyarakat. Setiap kali membagikan masker, Syamsul sekaligus mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker secara teratur.

“Ayo sama-sama terlibat dalam gerakan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Saya juga mengajak, ayo wujudkan Pilkada Sehat 2020,” kata dia.

Pembagian masker gratis selain membangun kesadaran warga bermasker dan melaksanakan protokol kesehatan yang lain guna menekan Covid-19. Juga agar tidak lagi ada alasan masyarakat tidak mampu membeli masker, padahal tidak memakai masker membahayakan diri, keluarga dan orang sekitarnya.

“Saat kita razia, banyak sekali alasan lupa bawa bahkan tak mampu beli. Makanya kami berikan. Seharusnya kesadaran kita masing-masing karena ini demi keselamatan bersama,” ujarnya.

Syamsul kembali menegaskan, hingga kini penanganan dan pencegahan wabah Covid-19 di Kota Batam tak hentinya dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam. Mulai dari Gerakan Sejuta Masker, Operasi Aman Bersama, penambahan tempat isolasi pasien Covid-19, hingga sosialiasasi mengenai 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) yang dilakukan kepada warga setiap harinya.

“Dengan berbagai upaya ini, kita berharap tingkat penyebaran virus Covid-19 bisa diminimalisir,” harapnya.

Sebelumnya, Syamsul juga menerbitkan Surat Edaran Nomor 05 tahun 2020 tentang Gerakan Sejuta Masker Dalam Mendukung Pilkada Sehat 2020 di Kota Batam. Surat ini menindaklanjuti Rapat Koordinasi Aksi Gerakan Sejuta Masker oleh Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin bersama para Bupati dan Walikota se-Kepri, Kamis (2/10/2020) lalu.

Syamsul menyebutkan, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melaksanakan Gerakan Sejuta Masker yang merupakan salah satu langkah strategis dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam setiap tahapannya di tengah pandemi sehingga berjalan lancar dan terbebas dari penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Gerakan ini dapat menjadi sarana edukasi untuk melindungi masyarakat di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) guna menghindari penularan Covid-19,” imbuhnya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan terlaksananya Gerakan Sejuta Masker di Kota Batam sangat diharapkan kerjasama dari seluruh pihak baik instansi pemerintah, swasta dan dukungan seluruh masyarakat melalui peran serta dan sumbangsihnya dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Batam.

“Tetap senantiasa peka dan disiplin dalam mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 sebagaimana Peraturan Walikota Batam Nomor 49 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” kata dia.

Seperti yang kerap disosialisasikan, protokol kesehatan di antaranya memakai masker, mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Termasuk terus menjaga imunitas tubuh dengan rutin berolahraga.

“Dengan kesadaran kolektif menjalankan protokol kesehatan, saya yakin pandemi ini akan segera teratasi,” ujar dia.

Informasi mengenai perkembangan Covid-19 di Kota Batam dapat menghubungi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Batam bertempat di Kantor Walikota Batam atau menghubungi callcenter 112 dengan layanan website: https://lawancorona.batam.go.id. (RM)

5 1 vote
Article Rating
3937242754
Screenshot_20200827_033155
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x