Jumat, 23 April 2021
7 Des 2020
(IS/inikepri.com)
(IS/inikepri.com)

INIKEPRI.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, TNI-Polri dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melaksanakan patroli gabungan di beberapa titik jalan protokol di Kota Batam, pada Minggu (6/12/2020) malam, sekira pukul 19.00 WIB.

Informasi yang diterima inikepri.com, sebelum melaksanakan patroli gabungan, seluruh personil gabungan dikumpulkan untuk melakukan apel kesiapan di Lapangan Apel Markas Komando Distrik Militer (MaKodim) 0316/Batam yang dipimpin langsung oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Kota Batam, Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan, S.H,.

Apel kesiapan gabungan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di lapangan Apel MaKodim 0316/Batam yang dipimpin oleh Dandim 0316/Kota Batam, Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan. (IS/inikepri.com)

“Pada malam ini, kita akan melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak di Kota Batam. Ini adalah bentuk pelopor, kita tunjukan kepada masyarakat Kota Batam, bahwa TNI-Polri serta Pemko Batam siap mendukung kegiatan Pilkada serentak yang akan kita laksanakan,” kata Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan dalam apelnya.

Dalam pelaksanaan patroli gabungan ini, kata Dandim 0316/Kota Batam, sebanyak 60 personil yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkada.

“Kita melibatkan 60 personil. Dari Kodim 0316, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam, Yonif Raider 136/Tuah Sakti (TS), Batalyon Infanteri 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (SBY), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemko Batam. Personil ini dibagi menjadi dua rute nantinya,” ujarnya.

Masih dikatakan Dandim 0316/Kota Batam, pasca pencoblosan nantinya, juga akan tetap dilaksanakan pengawasan oleh personil TNI-Polri dan Pemko Batam. Untuk personel dari TNI, akan diturunkan di Hari H sebanyak 372 personel.

“Kegiatan sebenarnya sudah berlangsung dari kemarin, kami dari TNI-Polri melakukan kegiatan Patroli dan kami TNI-Polri serta Pemko menjamin kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkada nanti,” ucapnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Polda Kepri, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, SIK, MH, mengatakan bahwa, TNI-Polri dan Satpol-PP bersama-sama untuk siap mengamankan Pilkada hingga pasca pemilihan.

“Untuk jumlah personil Polri yang akan diturunkan nanti, sekitar 1.100 personil lebih dan didukung oleh rekan-rekan kita dari TNI,” ujar AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto.

Dalam Pilkada tahun ini, kata Kapolresta Barelang, berbeda dengan Pilkada sebelumnya, karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Mari kita bersama-sama untuk tetap menerapkan Pilkada sehat dengan pertimbangan Protokol Kesehatan, agar Pilkada ini dapat berjalan dengan sukses,” kata dia.

Ia juga meminta peran serta masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan hal terpenting dan tidak ada artinya jika masyarakat tidak disiplin dengan penerapan Protokol Kesehatan.

“Saya minta masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan dengan menerapkan pola 4M, karena masyarakat yang positif Covid-19 saat ini sudah mencapai 4.000 lebih,” kata Kapolresta Barelang Polda Kepri mengakhiri. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x