Jumat, 22 Januari 2021
log
Ikuti Kami di :
21 Des 2020
Ilustrasi (ist)
Ilustrasi (ist)

INIKEPRI.COM – Beberapa waktu belakangan, sebuah pesan berantai menyebut bahwa minum minyak kayu putih bisa mengatasi keluhan COVID-19. Dipastikan informasi tersebut menyesatkan.

Dikutip dari covid19.go.id, informasi serupa ternyata sudah pernah beredar sebelumnya meski dengan narasi yang agak berbeda. Namun intinya, disebutkan bahwa minum minyak kayu putih bisa menyembuhkan COVID-19.

Berikut pesan viral yang beredar:

“Buat kluargaku

TETAP WASPADA YAH

Tmn positif covid..kluar lendir dr hidung smp bercampur darah..nafas sesak…stlh minum minyak kayu putih..baru berasa enakan jalan nafasnya…

INGAT!! COVID itu ada yah…bukan ANTARA ADA DAN TIADA”

Faktanya, minyak kayu putih memang bisa diminum asal dalam jumlah sangat sedikit. Itupun hanya boleh beberapa tetes dan harus dicampur air putih.

Jika terlalu banyak, bukan manfaatnya yang didapat tetapi justru risiko keracunan. Beberapa gejala keracunan minyak kayu putih antara lain keringat berlebih, denyut jantung meningkat, diare, mual-muntah, dan sebagainya.

Bagaimana hasil penelitian yang pernah dilakukan soal efek minyak kayu putih terhadap COVID-19?

Sebelumnya pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa minyak kayu putih bisa membunuh hingga 80 persen virus Corona. Hanya saja, virus Corona yang diujikan adalah jenis Betacorona bukan virus SARS-Cov-2 yang merupakan penyebab penyakit COVID-19.

Pada 9 Maret 2020 lalu, Food and Drug Administration (FDA) dan Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat juga sudah mengeluarkan surat peringatan kepada 7 perusahaan yang menjual produk yang tidak disetujui untuk mencegah ataupun mengobati COVID-19 yaitu teh, minyak esensial, tincture, dan koloid perak.

Jadi fakta sebenarnya yakni minyak kayu putih tidak bisa menyembuhkan COVID-19 ya! Jika mendapat penjelasan bahwa meminum minyak kayu putih bisa menyembuhkan COVID-19, itu jelas tidak benar dan menyesatkan alias hoax. (RM/Detik)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x