Sabtu, 16 Januari 2021
log
Ikuti Kami di :
2 Jan 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Rencana pembukaan sekolah atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada semester genap awal Januari 2021 masih menimbulkan tanda tanya, pasalnya hingga saat ini kasus paparan virus Covid-19 masih terus meningkat.

Baca Juga: Januari 2021 Sekolah Tatap Muka Dimulai, Pemerintah Siapkan Alternatif Ini

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sendiri mengatakan, PTM sendiri bisa dilaksanakan dengan memastikan lingkungan sekolah menjalani protokol kesehatan dan aturan ketat.

Baca Juga: Begini Cara Cegah Covid-19 Saat Sekolah Tatap Muka

Seperti jaga jarak, ventilasi ruangan, tempat mencuci tangan, menyediakan hand sanitizer, sampai semua tenaga pengajar harus melakukan tes PCR. 

Baca Juga: Khusus Hinterland, Belajar Tatap Muka Dimulai 4 Januari

Selain itu, pembukaan pembelajaran tatap muka juga harus diputuskan pemda masing-masing, komite sekolah, dan orang tua murid. 

Menurut Nadiem, peserta didik harus mendapat izin dari orang tua untuk belajar di sekolah. 

“Orang tua juga berhak menolak anaknya melakukan PTM di sekolah, atau memilih melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ),” kata Nadiem beberapa waktu lalu.

Artinya, sebut Nadiem, belajar tatap muka tidak diwajibkan apalagi untuk wilayah yang masih di berada di zona merah Covid-19.

“Pada zonasi risiko atau zona merah, maka tidak ada pemberian izin belajar tatap muka untuk semester genap tahun akademik tahun 2020/2021 atau mulai di Januari 2021,” ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Sekolah Tatap Muka Mulai Januari 2021

Pada prinsipnya, kebijakan selama masa pandemi masih mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, serta masyarakat. (RWH/Industry)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x