Minggu, 18 April 2021
Ikuti Kami di :
6 Mar 2021
(Photo/Twitter/@redzuanNewsMPB)
(Photo/Twitter/@redzuanNewsMPB)

INIKEPRI.COM – Belum lama ini viral sebuah video yang memperlihatkan macan yang berkeliaran di depan sebuah rumah di Taman Kota, Kampung Lahar, Malaysia sekitar pukul 02.00 pagi waktu setempat pada Kamis (4/3/2021).

Otoritas Malaysia mengatakan bahwa spesies tersebut secara ilmiah dikenal sebagai Neofelis diardi, atau lebih dikenal sebagai macan dahan. Namun, banyak penduduk setempat menyebut hewan tersebut sebagai ‘Harimau Dahan’.

Insiden tersebut membuat banyak warga di daerah itu khawatir tentang keselamatan mereka dan takut keluar rumah untuk bekerja.

Dilansir dari laporan Harian Metro, Kamis (4/3/2021), Panitia Pembangunan Desa (JPKK) Kampung Lahar Bahari Ismail mengatakan rekaman macan tutul yang mengendus sesuatu yang hanya beberapa meter di depan sebuah rumah direkam oleh seorang warga dan istrinya.

“Video itu dengan jelas menunjukkan macan tutul berkeliaran. Macan tutul itu kemudian masuk ke hutan tidak jauh dari rumah,” ujarnya.

Menurut Bahari, macan tutul itu mungkin sama dengan yang dilihatnya tahun lalu, seperti yang terlihat pada malam hari dan selama musim kemarau yang dihadapi orang Malaysia sekarang.

Dia menambahkan, mungkin macan tutul yang terlibat kelaparan, yang menyebabkan dia keluar dari hutan untuk mencari makanan. Hal tersebut kemudian dilaporkan ke Dinas Satwa dan Taman Nasional (Perhilitan) untuk ditindaklanjuti.

Warga berharap macan tutul bisa ditangkap dan dipindahkan ke lokasi lain, katanya. Sementara itu, Direktur Satwa Liar Yusoff Shariff mengatakan pihaknya telah menerima laporan keberadaan hewan tersebut dan telah mengidentifikasinya sebagai macan tutul berdasarkan rekaman video.

“Staf Satwa Liar Hulu Perak juga memasang jebakan di sekitar kawasan untuk menangkap macan tutul,” katanya. (RM/Indozone)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x