Sabtu, 8 Mei 2021
Ikuti Kami di :
26 Apr 2021
(AP Photo/David Rowland)
(AP Photo/David Rowland)

INIKEPRI.COM – Lebih dari 50.000 orang menyemarakkan penampilan band Six60 di stadion Eden Park, stadion terbesar di Selandia Baru, pada Sabtu (24/4/2021) malam. 

Menurut penyelenggara konser ini menjadi acara musik langsung terbesar sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Tanpa perlu menjaga jarak atau mengenakan masker, konser tersebut merupakan demonstrasi keberhasilan Selandia Baru dalam mengendalikan virus Corona melalui penutupan perbatasan internasional dan pengujian yang ketat serta pelacakan kontak. Ini sangat kontras dengan negara lain di dunia yang terkunci di tengah meningkatnya infeksi.

Selandia Baru mencatat hanya sekitar 2.600 kasus virus dan 26 kematian sejak pandemi dimulai dan menduduki peringkat teratas Covid Resilience Ranking dari Bloomberg. Penutupan perbatasan telah berdampak buruk bagi industri pariwisata negara, meskipun sekarang telah membuka gelembung perjalanan bebas karantina dengan Australia.

“Lain kali mereka mengatakan kepada Anda bahwa itu tidak mungkin, tunjukkan ini kepada mereka,” kata Six60, band Selandia Baru yang mengadakan konser, menulis dalam komentar di foto kerumunan di Instagram mereka.

Walikota Auckland Phil Goff memuji pencapaian tersebut. Ia bahkan ikut mendorong konser ini sebagai contoh bahwa kota Auckland siap kembali ke keadaan normal.

“Konser ini, serta acara besar lainnya yang telah kami selenggarakan dalam beberapa bulan terakhir… dimungkinkan karena upaya kolektif dari semua warga Auckland untuk menghentikan penyebaran [virus] di komunitas dan memungkinkan orang menjalani hidup mereka,” ujar Goff.

Negara-negara yang terkena dampak paling parah seperti Spanyol, bulan lalu mengadakan konser dalam ruangan eksperimental untuk 5.000 penggemar, menguji cara-cara yang aman untuk menghidupkan kembali musik live pasca-COVID.

Acara konser musik secara langsung berskala besar juga diselenggarakan di tempat-tempat lain. Di Taiwan, penyanyi dan penulis lagu Eric Chou menyelenggarakan acara yang terjual habis tahun lalu di Taipei Arena, dengan tiket dibatasi untuk 10.000 orang.

Di China, lebih dari 4.000 konser live diadakan selama minggu pertama bulan Oktober untuk perayaan Hari Nasional negara itu. (RD/Bisnis)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x