Sabtu, 8 Mei 2021
4 Mei 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Gerakan Kreatif Nasional (Gekrafs) Kepulauan Riau mengadakan kegiatan “Ramadan Lintas Pesisir” di sekitaran Batam dan Tanjung Pinang.

Kegiatan tersebut adalah pembagian 100 Sembako untuk warga dhuafa hinterland, pada Sabtu (1/5/2021).

Donasi yang terkumpul ada sekitar seratus paket yang berupa sembako, roti gepeng, baju dan sepatu layak pakai, buku dan Al-Quran yang diserahkan kepada warga dhuafa hinterland. 

Jarak tempuh ke pulau tersebut sekitar satu jam dari Kota Batam menggunakan kapal pengangkut barang. Pengantaran sembako pertama ke Pulau Air Raja. Paket sembako diserahkan kepada empat puluh orang kaum dhuafa hinterland yang berada di Pulau Air Raja.

“Saya sangat bersyukur banget di desa saya ini diberikan sembako karena masih banyak juga orang-orang yang kekurangan. 

Dengan ini kami sangat terbantu sekali, mudah-mudahan para donatur di berikan rezeki yang berlimpah,” ujar thalib ketua RW Pulau Air Raja. 

Pengantaran kedua ke Pulau Subang Mas. jarak dari pulau air raja dengan pulau subang mas sekitar tiga puluh menit menggunakan kapal barang. 

Sembako diserahkan kepada enam puluh orang kaum dhuafa hinterland yang berada di Pulau Subang Mas.

“Terima kasih atas bantuan-bantuan yang diberikan oleh pihak organisasi, dan kami berharap juga kedepannya ada seperti ini kembali. Mudah-mudahan para donatur diberikan rezeki yang berlimpah,” Ujar Rasip Ketua RT Pulau Subang Mas. 

Sementara itu, Stephane Gerald Martogi Siburian selaku Ketua Umum Gekrafs Kepri mengatakan, harapan dari kegiatan Ramadan Lintas Pesisir tentunya untuk membantu warga yang berada di Hinterland, yang berada di 3 titik yaitu Pulau Subang Mas, Pulau Air Raja dan pinggiran Tanjung Pinang saat masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap tentunya kolaborasi antara lima belas pelaku ekonomi kreatif, satu lembaga dan delapan media partner yang menyalurkan dana maupun tenaga melalui Gekrafs, dapat sedikit meringankan dapur warga di bulan Suci Ramadaan ini,” kata dia.

Gerakan sosial ini, lanjut Stephane, akan diagendakan tiap tahunnya oleh Gekrafs Kepri dan kemungkinan besar di titik-titik yang berbeda tiap tahunnya. 

“Ramadan Lintas Pesisir selanjutnya dalam bulan ini juga akan didistribusikan ke daerah pinggiran Tanjung Pinang,” jelas dia.

Senada dengan Stephane, Yoyok Ketua Pelaksana kegiatan ini menjelaskan tujuan memilih pulau (hinterland) sebagai lokasi pendistribusian paket sembako dikarenakan banyaknya pulau-pulau sekitaran Batam yang kurang dapat sentuhan oleh dermawan apalagi di masa Covid-19 saat ini. 

“Jadi kita berinisiatif memilih hinterland agar bisa menjangkau bantuan untuk warga dhuafa, khususnya dengan dikoordinasikan oleh perangkat desa untuk pendataan dan penyalurannya,” demikian kata Yoyok. (RD)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x