Sabtu, 12 Juni 2021
28 Mei 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) melaksanakan briefing (pengarahan) akhir evaluasi dan penutupan uji petik Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat pangkalan P1-P2 Lanudal Tanjungpinang dan U1,U2 Wing Udara 1 Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo didampingi Komandan Wing (Danwing) Udara 1, Kolonel Laut (P) Imam Safi’i di Ruang Rapat (Rupat) Markas Komando (Mako) Wing Udara 1 Tanjungpinang, Kamis (27/5/2021).

Turut hadir pula, Ketua Tim, Mayor Laut (P) Safari beserta Staf Tim Uji Petik Komando Latihan (Kolat) Penerbangan TNI Angkatan Laut (Penerbal), dan seluruh Perwira Staf Lanudal dan Wing Udara 1 Tanjungpinang.

Mengawali penutupan, tim uji terampil Kolat Puspenerbal memaparkan hasil uji dari berbagai materi teori dan praktek P1-P2 dan U1-U2 yang sudah dilaksanakan Lanudal dan Wing Udara 1 Tanjungpinang sejak tanggal 24-25 Mei 2021 hingga penutupan uji petik tanggal 27 Mei 2021.

Ketua Tim Kolat Puspenerbal, Mayor Laut (P) Safari, mengatakan, dari sekian banyak materi yang diujikan, Lanudal dan Wing Udara 1 Tanjungpinang mendapat apresiasi dalam pelaksanaannya namun masih ditemukan beberapa poin yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan. Menurutnya, profesionalitas personel masih terjaga.

“Lanudal Tanjungpinang telah mampu melaksanakan seluruh materi uji terampil tingkat pangkalan dengan baik. Kendala kekurangan, seperti fasilitas pangkalan, dapat diatasi dengan koordinasi instansi terkait di lingkungan Lanudal dan Wing Udara 1 Tanjungpinang,” kata Mayor Laut (P) Safari.

Sementara, Danlanudal Tanjungpinang mengucapkan terimakasih kepada tim Kolat Puspenerbal yang telah melaksanakan Uji Petik Glagaspur di Lanudal Tanjungpinang.

“Dari pelaksanaan Glagaspur ini, diharapkan adanya peningkatan profesionalisme prajurit Lanudal dan Wing Udara 1 Tanjungpinang. Untuk itu, program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan ini harus secara terus-menerus bertingkat dan berlanjut, serta melampaui suatu fase pengujian untuk mendapatkan nilai yang dapat dipertanggungjawabkan, teruji dan terukur,” kata Kolonel Laut (P) Heru.

Dijelaskan Danlanudal Tanjungpinang bahwasanya, pelaksanaan uji terampil Glagaspur ini merupakan upaya pimpinan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh serta hasil evaluasi oleh tim penguji Kolat Puspenerbal untuk menambah dan meningkatkan profesionalisme Prajurit Lanudal Tanjungpinang.

“Setelah uji petik ini, saya berharap bisa semakin baik menuju pangkalan TNI-AL yang mempunyai standarisasi sesuai dengan apa yang dipersyaratkan oleh pemimpin guna mengemban tugas pokok Lanudal dan Wing udara 1 Tanjungpinang,” ujarnya mengakhiri. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x