Sabtu, 12 Juni 2021
28 Mei 2021
(IS/INIKEPRI.COM)
(IS/INIKEPRI.COM)

INIKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, penempatan Pos Komando (Posko) Penanganan COVID-19 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di lingkungan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sangat berpengaruh dan efektif terhadap langkah mengantisipasi penularan penyebaran wabah Corona Virus Disease-2019 atau COVID-19.

Rudi mencontohkan ibarat kepala keluarga, jika bisa mengatur rumah tangga maka akan tercipta rasa aman di dalamnya.

“Artinya RT dan RW mengatur di lingkungan warganya, kalau ada yang bergejala atau kurang, maka langsung diambil tindakan. Artinya ini kerja yang paling sempurna sebetulnya, dikarenakan pemerintah tidak akan mampu ke level yang paling bawah. Maka PPKM inilah yang level paling bawah untuk membantu Masyarakat,” kata Rudi saat meninjau di Komplek Perumahan Sakura Garden, Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Batam, Jumat (28/5/2021) pagi.

Menurutnya, jika itu semua berjalan dengan baik, COVID-19 di Kota Batam akan terselesaikan dan turun trendnya.

“Kalau semua ini jalan, ini akan selesai. Kenapa, sebulan ke depan ini akan turun trendnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Batam mengimbau kepada masyarakat Batam untuk bisa datang ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melakukan vaksinasi.

“Pada kesempatan pagi ini saya mengimbau kepada kita semua, untuk bisa datang ke Puskesmas-puskesmas untuk bisa vaksinkan diri kita. Karena vaksin sudah tersedia di seluruh Puskesmas di Kota Batam,” pesannya.

Adapun jumlah total pasien COVID-19 tertanggal Kamis (27/5/2021) sebanyak 938 orang. Berdasarkan data, ada penurunan dan penambahan jumlah pasien setiap harinya.

Menurutnya, penambahan dan penurunan jumlah pasien tergantung tracing (penelusuran) yang dilakukan di lapangan.

Pantauan di lokasi, sejumlah pejabat turut hadir meninjau langsung PPKM berbasis mikro di Komplek Perumahan Sakura Garden, Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar.

Adapun Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang hadir itu di antaranya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Jumaga Nadeak, Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) dan juga sebagai Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Penanganan COVID-19 Daerah Perlintasan Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlatamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Aris Budiman.

Selanjutnya, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Polda Kepri Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam Letnan Kolonel (Letkol) Kav Sigit Dharma Wiryawan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Batam Kolonel Laut (P) Sumantri, Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Batuampar AKP Salahuddin, Camat Batuampar Tukijan, Lurah Kampung Seraya Andi Hasanuddin, Lurah Tanjungsengkuang Yanuar Pribadi, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjungsengkuang drg Irma Solvia, para Pejabat Utama (PJU) Polda Kepri, PJU Polresta Barelang dan jajaran Polsek, Forkopimda Kota Batam, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x