Sabtu, 12 Juni 2021
9 Jun 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Ketua Persatuan Istri Anggota TNI Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 21/Daerah I Lanud Hang Nadim, Anggi Iwan Setiawan, mengatakan bahwa, pentingnya pengetahuan tentang bagaimana merawat dan menjaga organ intim wanita.

Hal itu disampaikannya usai mengikuti pelaksanaan web seminar (Webinar) secara daring (online) melalui aplikasi zoom meeting di ruang rapat (Rupat) Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam, Rabu (9/6/2021).

Webinar ini, kata Anggi, untuk memberi pengetahuan dan wawasan kepada anggota dan pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 21/D.I Lanud Hang Nadim terkait menjaga kesehatan vagina.

“Semoga setelah mengikuti webinar ini anggota dan pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 21/D.I Lanud Hang Nadim dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, baik untuk diri sendiri demi menjaga keharmonisan rumah tangga,” ujarnya.

Ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, pengurus dan anggota PIA Ardhya Garini Cabang 21/D.I Lanud Hang Nadim dapat memberi pengetahuan dan wawasan kepada anggota lainnya terkait menjaga kesehatan vagina.

Sementara, dalam pembahasannya, Dr Inge Satyo Ariyanto, pendiri gerakan Perempuan Sadar Vagina (PSV), memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga dan merawat organ intim wanita untuk kesehatan dan keharmonisan keluarga.

Tujuannya agar para perempuan lebih sadar akan kebersihan vaginanya, lebih merawat diri dan menjauhkan dari penyakit.

“Vagina mempunyai hak untuk dirawat, diperhatikan dan diperlakukan secara pantas. Jangan ragu konsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan kesehatan pada organ kewanitaan. Mudah-mudahan dengan mengikuti acara ini (seminar kesehatan), ibu-ibu akan lebih sadar tentang pentingnya menjaga organ intimnya,” kata Inge.

Selain itu, masih kata Inge, sex bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Terlebih, bila hal tersebut dibicarakan dengan sudut pandang pendidikan atau edukasi.

Bahkan, masih kata Inge, edukasi sex harus diberikan kepada anak-anak kita sejak usia 2 tahun.

“Menyebut nama organ seksual manusia dengan kata penis atau vagina untuk menjelaskan kepada anak-anak kita bukanlah hal yang tabu, itu harus kita lakukan dengan tidak menyebutkan nama organ intim dengan istilah yang lain,” ujarnya yang juga sebagai seorang praktisi kesehatan atau dokter estetika medis.

Webinar ini juga dihadiri oleh Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, Kepala Dinas (Kadis), Pejabat dan ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 21/D.I Lanud Hang Nadim.

Dengan pelaksanaan secara virtual, peserta tetap mengutamakan dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x