Sabtu, 12 Juni 2021
9 Jun 2021
(IS/INIKEPRI.COM)
(IS/INIKEPRI.COM)

INIKEPRI.COM – Animo masyarakat Kampung Bule terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terbilang cukup tinggi. Bagaimana tidak, sejak sore hingga malam hari, masyarakat masih terlihat antusias mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam dalam hal ini pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjungsengkuang.

Pantauan INIKEPRI.COM, di depan halaman Stampvol Bar & Restaurant, tepatnya di Jalan Imam Bonjol, Nomor 1 Sungai Jodoh, Kecamatan Batuampar, Batam, pada Selasa (8/6/2021) kemarin, dilaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi pemilik dan pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) serta warga sekitaran Kampung Bule, Batam.

Pelaksanaan digelar sejak pukul 16.00 WIB, sore. Namun, kursi yang disediakan oleh pihak penyelenggara sudah terisi penuh. Warga sudah menunggu sebelum waktu vaksinasi dimulai atau dijadwalkan.

Vaksinasi di wilayah Kampung Bule ini sudah dijadwalkan sejak kemarin, Senin (7/6/2021) dan baru dapat dilaksanakan hari ini. Hal tersebut lantaran petugas membuka layanan vaksinasi di tiga lokasi berbeda, yakni, dua di wilayah Batumerah dan satu di Puskesmas Tanjungsengkuang.

Momen ini pun tidak disia-siakan mereka, warga sekitar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi mendapatkan vaksinasi gratis yang diberikan pemerintah tersebut. Terlihat warga dengan sabar mengantre dan menunggu saat divaksin.

Alhasil, petugas harus menambah waktu jam operasional hingga malam hari. Sebelumnya petugas mentargetkan pukul 18.00 WIB, waktu vaksinasi selesai dengan menyediakan 200 vaksin COVID-19.

Akan tetapi, warga terus berdatangan ke lokasi untuk melaksanakan vaksinasi yang diselenggarakan tersebut. Akhirnya petugas melebihi stok vaksin dari target awal yang telah disediakan.

Hal tersebut membuat Camat Batuampar, Tukijan, sangat mengapresiasi terhadap antusias warga Kampung Bule dalam mengikuti vaksinasi COVID-19.

Dirinya tidak menyangka bahwa, pelaksanaan vaksinasi akan melebihi waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

“Alhamdulillah ya. Kami juga tidak membayangkan bahwa antusias di Kampung Bule ini, banyak seperti ini,” kata Tukijan, ketika ditemui di lokasi vaksinasi malam tadi.

Melihat kondisi antusias warga Kampung Bule, dirinya akan menjadwalkan ulang pelaksanaan vaksinasi setelah tiga kelurahan di Kecamatan Batuampar selesai mendapat giliran divaksin.

Sementara vaksin yang digunakan ialah dua jenis, yakni Sinovac dan AstraZeneca. Untuk yang katagori Lanjut Usia (Lansia) atau di atas umur 60 tahun, petugas memberikan vaksin jenis Sinovac.

Selanjutnya, bagi yang berumur di atas 18 hingga 59 tahun, akan mendapatkan vaksin AstraZeneca.

“Vaksin COVID-19 bukan obat, namun vaksin dapat membentuk kekebalan atau imun tubuh seseorang agar tidak terpapar dari virus COVID-19 sehingga lebih aman dan nyaman saat berinteraksi dengan keluarga tercinta, teman dekat, dan masyarakat sekitar. Semoga dengan banyaknya warga yang divaksin, maka kota yang kita cintai ini segara terbebas dari pandemi dan mudah-mudahan kalau COVID ini sudah selesai, semua aktivitas bisa berjalan seperti sedia kala, terutama di bidang ekonomi,” ujarnya.

Adapun vaksinasi tersebut adalah vaksin tahap ketiga yang dilakukan di wilayah Kelurahan Sungai Jodoh, Kecamatan Batuampar.

Sebelumnya, petugas melaksanakan vaksinasi di Sumber Agung, Majesty Tanjung Pantun, dan terakhir di Kampung Bule, Jodoh, Batuampar, Batam.

“Setelah divaksin, protokol kesehatan tetap diterapkan,” ujarnya. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x