Sabtu, 12 Juni 2021
10 Jun 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang persiapkan penambahan sambungan rumah aliran Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) ke 600 rumah warga di Pulau Penyengat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat menjelaskan, SWRO itu awalnya dibuat dari APBN, bentuknya memang sumur bor, tetapi airnya bukan air tawar, melainkan air asin karena bornya sudah cukup dalam. Air laut yang diambil melalui bor ini, kemudian diproses menjadi air minum.

“Awalnya SWRO di Penyengat dalam bentuk depot, namun sekarang akan dialirkan menggunakan pipa sambungan rumah. Nanti akan sampai ke kamar mandi rumah masing-masing,” kata Zulhidayat, Rabu (9/6/2021).

Setelah dihitung, kata Zulhidayat, tangki yang ada saat ini perlu dilakukan penambahan kapasitas agar layanan bisa full 24 jam. Saat ini bisa melayani 100 rumah menggunakan beberapa tangki.

Tahun 2022 kapasitas air bersih akan ditingkatkan menggunakan APBN sehingga bisa menjangkau 600 rumah warga. Meski demikian, setiap rumah yang dialiri SWRO tetap akan mendapat tagihan tentunya lebih murah, harganya sudah diatur dalam peraturan wali kota (Perwako) Tanjungpinang.

“Ada perwakonya yang mengatur harga satu kubik air yang dipakai masyarakat,” sebut dia. (ET)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x