Tiga Tahun Kepemimpinan, Pembangunan Fisik dan Pendidikan Sentuh Masyarakat Tanjungpinang

INIKEPRI.COM – Kepemimpinan Almarhum Syahrul-Rahma, dilanjutkan Wali Kota Rahma dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah genap mencapai tiga tahun pada 21 September 2021.

Selama perjalanan tiga tahun kepemimpinan, berbagai langkah kebijakan dan inovasi terus dilakukan demi terwujudnya visi “Tanjungpinang Sebagai Kota Yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera Dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani” yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tanjungpinang 2018-2023.

Tahun pertama kepemimpinan Almarhum Syahrul-Rahma merupakan tahun membangun pondasi. Namun, seiring berjuang bersama mewujudkan visi misi, tahun kedua berjalan, jajaran pemko dan masyarakat Kota Tanjungpinang kehilangan sosok pemimpin panutan almarhum Syahrul pada 28 April 2020.

Tampuk kepemimpinan kota Tanjungpinang pun dilanjutkan Wali Kota Rahma. Kemudian, pada 28 Juni 2021, Endang Abdullah resmi dilantik sebagai Wakil Wali Kota Tanjungpinang mendampingi Wali Kota Rahma.

Tahun kedua masa kepemimpinan Wali Kota Rahma terus berupaya mengakselerasikan visi misi 5 tahun kedepan. Segala sumber daya terus dikerahkan dalam menyelesaikan visi misi yang ditujukan untuk masyarakat Tanjungpinang.

Meski jalan menuju percepatan visi misi penuh tantangan akibat pandemi covid-19 di awal 2020, namun pemerintah Kota Tanjungpinang terus melakukan upaya menghadirkan pembangunan infrastruktur yang nyaman bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

Pembangunan infrastruktur menjadi bekal masa depan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan pergerakkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Memasuki tahun ketiga kepemimpinan Rahma, pembangunan infrastruktur mulai dirasakan masyarakat Tanjungpinang.

Hal ini, terbukti dengan pencapaian kinerja yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungpinang menyentuh peningkatan pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan dasar seperti pembangunan jalan, drainase, pemenuhan kebutuhan air bersih, hingga peningkatan infrastruktur pelayanan publik kantor-kantor dan gedung daerah.

Beberapa capaian urusan pemerintahan pada pelayanan dasar yang telah dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang dilihat adanya pembangunan hingga normalisasi penanganan titik banjir di tahun 2020 telah tangani titik genangan air yang berkurang mencapai 7,4% pada 2020 dari 138% titik banjir pada tahun 2018.

Pembangunan saluran drainase, gorong-gorong dan pemeliharaan, serta normalisasi saluran drainase (swakelola) tersebut telah dilaksanakan di wilayah Kota Tanjungpinang dalam kurun waktu 2018-2021 di lokasi diantaranya, Jalan. Serai, Lembah Asri, Kawasan Perum.Griya Permata Kharisma, Jalan. Pemuda.

Serta, Jalan Di. Panjaitan KM. 7 (depan SPBU), Jalan Daeng Kemboja Senggarang (Simp. Pegadaian), kawasan Bhayangkara Teluk Keriting, Perum Bandara Asri, Cendrawasih, Sri Andana, Kawasan Mekar Sari, Jalan. Bandara Ganet. Kawasan Kota Lama Tanjungpinang (Jl. Merdeka – Jl. Bintan – Jl. Pos), Kawasan Sido Makmur, Jalan. Puskesmas, Jalan. Cendrawasih.

Kemudian, rehabilitasi saluran drainase dan gorong-gorong Jalan. Delima Gg. Delima IV. RT. 05 RW.02 Kelurahan. Kampung. Baru Kecamatan Tanjungpinang Barat, Gg. Tanjung Raya RT.03 RW 13 Kel. Batu 9 Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Rehabilitasi dan pembuatan tutup parit di Jalan. Akasia RW.04 Kelurahan Tanjungpinang Timur Kecamatan Bukit Bestari (Lanjutan), RT.02 RW.03 Kel. Air Raja Kecamatan Tanjungpinang Timur, dan Jalan. Brigjend Katamso Gg. Kulim RT.02 RW.08 Kelurahan Kamboja.

Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan masyarakat Tanjungpinang, dari 2018 sampai 2020 telah terbangun jalan sepanjang 40,8 kilometer (Km). Di 2018 sepanjang 32,8 Km terealisasi di lokasi Tanah Gatra, Sei jari, Jalan. Rawasari, Jalan. Belakang kantor Bupati, Jalan. Air ratu, dan Jalan. Lembah Merpati.

Tahun 2019, pembangunan jalan sepanjang 5,5 km telah terealisasi di lokasi simpang Korem 033, Tanjung Lanjut, dan Sei Jari Batu Naga. Di 2020 terealisasi pembangunan jalan sepanjang 2,5 km di lokasi kawasan Kepondang dan Jalan Kampung Tengah.

Sedangkan, tahun 2021 akan dilaksanakan pembangunan jalan di lokasi Kampung Haji, Suka Maju Kampung Sidomulyo, Jalan.Wonoyoso, Jalan. Sidomulyo Kampung Air bukit, Kampung Sei carang (lanjutan), Jalan. Lingkar Tanjung. Sebaok.

Tidak hanya itu, sepanjang 2018 hingga 2021, Dinas PUPR juga telah merealisasikan pelayanan dasar terhadap pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Tanjungpinang melalui kegiatan Pembangunan Jaringan Air Bersih atau Air Minum yang telah terealisasi pembangunan Jaringan Pipa SR (sambungan rumah) sebanyak 235 Kepala Keluarga (KK) di lokasi Kelurahan Sei Jang dan Kelurahan Pinang Kencana.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di 2019 dan telah terealisasi pembangunan jaringan pipa SR (sambungan rumah) sebanyak 187 SR di Kawasan Senggarang Besar dan Jalan Akasia Kelurahan Tanjungpinang Timur. Dan di 2020 terealisasi pembangunan jaringan pipa 1 unit (Pkt) di lokasi Quran Center.

Pada 2021, kegiatan pembangunan Jaringan Air Bersih/Air Minum baru telah terealisasi pembangunan jaringan pipa SR (sambungan rumah) sebanyak 100 SR di lokasi Pulau Penyengat, sementara di lokasi Kelurahan Melayu Kota Piring masih dalam progres pengerjaan.

Untuk SWRO Batu Hitam melalui dana APBN akan direncanakan pembangunan jaringan sekitar 500 SR yaitu rencana lokasi di Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Dompak, dan Kelurahan Tanjungpinang Barat.

Untuk sanitasi, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dari 2018 hingga 2020, telah teralisasi pembangunan Ipal Komunal untuk 951 Kepala Keluarga (KK) yang berlokasi di 4 Kecamatan di Kota Tanjungpinang. Sedangkan 2021, pengerjaan pembangunan ipal komunal sedang dilaksanakan di lokasi Kelurahan Kampung Bugis dan Kelurahan Sei Jang.

Selain itu, sejak 2018-2020 telah terealisasi pembangunan jalan paving/seminisasi sepanjang 7,870 kilometer di sejumlah lokasi di Kota Tanjungpinang .

Diantaranya Tanjung Ujung, Hang Kasturi, Nuri Indah dan Lorong Jawa, Jalan. Bhayangkara Gg. Rokan RT.04/RW.11 Kelurahan Tanjungpinang Barat, Jalan. Sulaiman Abdullah Gg. Mahakam RT.08/RW.11 Kelurahan Tanjungpinang Barat, Jalan. Sumatera Gg.Swadaya, Halaman masjid Abbas Thalib Jalan. Hanjoyo Putro, Jalan. Anggrek Merah Gg. Anggrek Merah 2 RT.04/RW.01, Kampung Sidomulyo Bt. 13 Gg. Suka Maju 1 RT.03/RW. XII.

Sementara 2021, akan dilaksanakan pembangunan jalan paving/simenisasi dengan realisasi sementara sepanjang 0,838 kilometer diantaranya di lokasi Jalan. Nur Gg. Bunda RT.4/RW.2 Komp. Air Raja Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan Tanjungpinang Timur, RT. 01 dan RT.03/RW.03 Kelurahan Air Raja, Gg. Silat RT.07/RW.05 Kelurahan Air Raja Kecamatan Tanjungpinang Timur dan di Gg. Kenanga VII RT.06/RW.02 Kelurahan Tanjung Unggat, dan Gang Sukorilo RT.02/RW.03 Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari.

Pada kegiatan pembangunan, sepanjang di tahun 2019 telah terealisasi pembangunan Gedung pemerintahan yakni kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota. Pada 2021 ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan rehabilitasi gedung kantor.

Yakni rehab eks. Kantor Kelurahan Tanjungpinang Barat (PGRI) dengan progress fisik 25% dan Rehab eks. kantor DPRD (LAM) dengan progres fisik 26%.

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
3PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!