Bright PLN Batam Akan Ekspor Listrik ke Singapura

INIKEPRI.COM – Bright PLN Batam bakal mengeskpor listrik tenaga surya dari Indonesia ke Singapura. Hal itu menyusul adanya izin prinsip dari Energy Market Authority (EMA) Singapura.

Bright PLN Batam bersama PT Trisurya Mitra Bersama (Suryagen) dan perusahaan pengembang energi baru terbarukan Singapura, Sembcorp Industries (Sembcorp) telah meneken perjanjian pengembangan proyek penyimpanan energi dan tenaga surya terintegrasi skala besar di wilayah Batam, Bintan dan Karimun (BBK), Kepulauan Riau, Indonesia.

Berdasarkan siaran pers dikutip dari KOMPAS.COM, Kamis (28/10/2021), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan daya sekitar 1GWp akan segera dibangun.

Selain itu PLTS tersebut juga didukung sistem penyimpanan energi baru terbarukan dalam skala besar yang akan di ekspor melalui kabel bawah laut ke Singapura.

“Hari ini, kami bright PLN Batam membuktikan keseriusan dalam mendorong transformasi EBT,” kata Direktur Utama Bright PLN Batam Nyoman S. Astawa, Rabu (27/10/2021).

Selain itu, Nyoman juga mengatakan bahwa proyek ini akan membawa banyak manfaat yaitu meningkatkan investasi di bidang EBT serta kesempatan peningkatan lapangan kerja dan industri terkait.

Sementara itu, Group President & CEO Sembcorp Industries Wong Kim Yin mengatakan proyek ini merupakan contoh kuat dari kolaborasi regional yang diperlukan untuk meningkatkan ketahanan dan keberlanjutan energi.

“Bersama dengan mitra kami di Indonesia, bright PLN Batam dan Suryagen, kami membuat terobosan baru dengan berbersama-sama mengembangkan proyek energi baru terbarukan dalam skala besar untuk memajukan tujuan energi bersih,” ucap Wong Kim Yin.

Proyek tersebut diharapkan dapat menambah sekitar 1.000 lapangan perkerjaan di Indonesia dan Singapura selama tahap konstruksi. Selain itu, proyek tersebut juga diyakini dapat meningkatkan keterampilan para insinyur Indonesia untuk mengoperasikan proyek infrastruktur energi terbarukan skala besar.

Adapun penandatangan perjanjian pengembangan bersama dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia Arifin Tasrif, Menteri Tenaga Kerja atau Menteri Kedua Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, dan Chief Executive EMA. (RM/KOMPAS)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer