Permudah ASN Bayar PBB, Mobil Oto Banking Sasar OPD

INIKEPRI.COM – Mobil Oto Bangking mulai menyasar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2).

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Tanjungpinang Riany mengatakan, pembayaran oto banking sudah di launching pada Oktober 2021 lalu yang menyasar masyarakat umum.

“Pertama pilot project di Perumahan Mahkota Alam Raya, itu untuk kategori masyarakat. Seiring berjalan kerjasama dengan Bank Riau Kepri ini, kita mulai menyasar ke OPD,” ujar Riany, Rabu (24/11).

Ia menyampaikan, mobil oto bangking menyasar OPD mulai Jumat, 26 November hingga 3 Desember. Hari pertama pihaknya menyasar lima OPD yakni Bapelitbang, BPKAD, Disdagin, DPMPTSP dan DP3APM.

“Kita sudah jadwal untuk masing-masing OPD, nanti tinggal dari tim Oto Banking Bank Riau Kepri akan langsung bergerak masing-masing OPD,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah melayangkan surat kepada setiap OPD agar mengimbau pegawainya yang belum membayar pajak PBB dapat membayar melalui mobil Oto Banking. Untuk pembayaran bisa tunai maupun non tunai melalui aplikasi BRK Qris.

Selain mempermudah ASN melakukan pembayaran, tujuan mobil Oto Banking menyasar OPD untuk kepatuhan ASN. Sehingga bisa menjadi cerminan masyarakat yang belum membayar PPB-P2.

“Jadi masyarakat bisa menilai nanti, ASN saja sudah patuh bayar PBB tepat waktu, kenapa kita tidak,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, hal itu juga jadi salah satu upaya pihaknya untuk mencapai target PBB-P2 tahun ini sebesar Rp15,6 Miliar. Sedangkan realisasi baru mencapai Rp9,9 Miliar.

Pihaknya optimis, target PBB-P2 tersebut bisa tercapai hingga akhir 2021 mendatang.

“Karena kita sudah melakukan berbagai upaya, baik menyasar ke OPD nantinya, maupun ke masyarakat melalui RT RW tetap terus dilakukan pemberitahuan,” ujarnya.

Apalagi, tambahnya, saat ini pihaknya melakukan program penghapusan denda PBB-P2. Program tersebut sudah berlaku sejak 23 Agustus 2021 lalu hingga 31 Desember 2021 mendatang.

“Tentunya kami optimis target ini bisa tercapai, dan kami imbau kepada seluruh ASN nantinya bisa memanfaatkan kedatangan mobil oto banking nanti,” imbuhnya. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
6PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!