Buka Pelatihan Qasidah Rebana, Wako Rahma Apresiasi Lasqi Melestarikan Kesenian Islam

INIKEPRI.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kota Tanjungpinang mengadakan pelatihan teknik dasar dan mahir qasidah rebana di empat Kecamatan se- kota Tanjungpinang, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sabtu (5/3/2022).

Pelatihan musik bernuansa Islami ini, secara resmi dibuka Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, di empat kecamatan se- kota Tanjungpinang.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Rahma memberikan apresiasi kepada DPD Lasqi yang telah melaksanakan pelatihan ini.

Menurutnya, pelatihan musik qasidah rebana ini sebagai upaya pelestarian kesenian Islam yang sudah ada turun temurun di kota Tanjungpinang.

“Saya berharap melalui kegiatan ini ke depan akan semakin banyak warga yang ikut terlibat sehingga regenerasi pegiat qasidah rebana terus terjaga,” ucap Rahma, di aula kantor Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Ia berpesan agar peserta mengikuti pelatihan ini dengan bersungguh-sungguh, supaya semakin mahir dalam memainkan musik qasidah rebana.

“Seriuslah belajar tepukan kompang nya, jangan setengah-setengah, supaya pola ketukan semakin mahir dan bisa menjadi yang terbaik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPD Lasqi Kota Tanjungpinang, Iswarajana mengatakan pelatihan dasar dan mahir qasidah rebana ini digelar sehari, diikuti peserta group kompang dari kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 150 orang.

Sedangkan, di Kecamatan Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Barat, dan Bukit Bestari, masing-masing diikuti peserta sebanyak 50 orang.

“Pelatihan ini salah satu agenda DPD Lasqi kota Tanjungpinang dan juga bagian dari upaya kita melestarikan kesenian daerah sekaligus syiar agama,” ujarnya.

Ia berharap, melalui pelatihan ini, peserta dapat lebih meningkatkan teknik memukul rebana sesuai standar Lasqi,” tutur dia. (RBP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!