Jamaah Haji Embarkasi Batam Bayar Dam Setelah Laksanakan Umrah

INIKEPRI.COM – Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam mengatakan seluruh jamaah dari embarkasi tersebut telah membayar dam (dengan menyembelih hewan) seusai menjalankan ibadah umrah wajib dalam rangkaian ibadah haji 1443 Hijriah.

“Semuanya sudah melaksanakan ibadah umrah wajib, mereka juga sudah melaksanakan membayar dam dengan menyembelih hewan, dam tamattu namanya,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara dilansir dari ANTARA, Jumat 1 Juli 2022.

BACA JUGA:

Karena Sakit, Dua Calon Haji Kloter 12 Embarkasi Batam Batal Berangkat

Artinya, jamaah melaksanakan ibadah umrah dulu baru ibadah haji. Jadi, wajib menyembelih seekor kambing atau domba, satu ekor per orang.

Selain itu, Edi mengatakan saat ini jamaah Embarkasi Hang Nadim Batam melakukan berbagai kegiatan ibadah secara mandiri ataupun berkelompok, di antaranya melaksanakan umrah sunnah hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

“Kemudian hari-hari sekarang ini jamaah melaksanakan ibadah umrah sunnah. Niatnya dilakukan di tempat-tempat yang terdekat sesuai syariah. Kemudian mereka melihat tempat-tempat bersejarah seperti makam Siti Khadijah, terus ke rumah tempat Rasulullah lahir, dan lainnya,” ujar dia.

BACA JUGA:

Embarkasi Batam Telah Berangkatkan 1.337 CJH ke Tanah Suci

Sementara itu, dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Jumat, memperlihatkan jamaah Kloter 3 berada di dalam bus untuk menuju ke lokasi penyembelihan hewan.

“Rombongan jamaah haji Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Kloter 3 akan melakukan ziarah dan menyembelih hewan, jadi jamaah sedang memasuki bus menuju lokasi dan menyaksikan penyembelihan hewan dam,” kata Ketua Kloter tiga Embarkasi Hang Nadim Batam, Ahadi Muhammad Saad dalam dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH. (RBP/ANTARA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!