Tiktok, Instrumen Media Sosial Baru dalam Politik

Oleh: Irwansyah

Penulis adalah Kepala Litbang Media Indonesia Dosen Pascasarjana Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia

INIKEPRI.COM – Tiktok ialah gudangnya video viral yang cocok untuk masyarakat yang berjiwa muda. Tiktok berusaha untuk memberdayakan lebih banyak pembuat konten kreatif dan berkualitas untuk menjadi bagian dari revolusi konten.

Tiktok memiliki tiga keunggulan. Pertama, kualitas konten yang tajam dan nyata sebagai kolaborasi sempurna antara kecerdasan buatan dan jepretan gambar. Kedua, Tiktok memiliki kemampuan menyempurnakan keunggulan produk melalui sinkronisasi musik, efek spesial, dan teknologi canggih sehingga menjadi studio video kreatif yang menakjubkan di genggaman setiap penggunanya. Ketiga, daftar musik kekinian yang sangat lengkap. Tiktok membawa imajinasi dan kreativitas penggunanya ke tingkat yang lebih tinggi dan memasuki dunia baru yang tak terbatas.

Tiktok yang berpusat di Beijing dikenal Bytedance, telah tumbuh secara dramatis di sebagian besar negara Asia, termasuk Indonesia. Per 26 Februari 2021, Google Play Indonesia mencatat terdapat 9.031.265 pengunduh, sedangkan pada akun resmi Tiktok tiktokofficialindonesia memiliki 3 juta pengikut. Menurut Selular.id, dengan total unduhan 8,5% pada Juli 2020, Indonesia memperkuat posisi sebagai negara pengguna Tiktok terbesar keempat di dunia dengan sekitar 30,7 juta pengguna.

Sekitar 49% remaja mengaku menggunakan platform Tiktok. Tiktok digunakan 2 juta lebih banyak perempuan (8,2 juta) usia 18-24 tahun (diadopsi 14,9%) jika dibandingkan dengan pria (6,1 juta) di Amerika Serikat. Tiktok menjadi sangat populer di antara Gen Z dan milenial.

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!