Cen Sui Lan Minta Kebijakan dari Kemenhub untuk Selesaikan Pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang

INIKEPRI.COMCen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI harus membuat kebijakan dalam menyelesaikan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco di Kota Tanjungpinang. Sebab, kata anggota komisi V DPR RI itu, hingga saat ini pelabuhan bongkar muat Tanjung Moco di ibu kota Provinsi Kepri, belum juga beroperasi.

Persoalan pelabuhan Tanjung Moco itu disampaikan Cen Sui Lan dalam RDP Komisi V DPR RI dengan Sekjen, Irjen dan Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub RI di Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

“Banyak pembangunan pelabuhan di Kepri, yang macet. Termasuk pelabuhan bongkar muat di Tanjung Moco, Dompak, Tanjungpinang. Itu hampir Rp150 miliar (pembangunannya),” ujar Cen Sui Lan.

Saat ini, jelas Cen Sui Lan, pelabuhan bongkar muat Tanjung Moco di Tanjungpinang, dijadikan tempat pemancingan ikan bagi masyarakat.

“Jadi, mohon ada satu kebijakan. Kalau memang bisa dilanjutkan, tolong solusinya. Apakah bisa diselesaikan, dan seperti apa langkah ke depannya,” harap Cen Sui Lan.

Pada awal Desember 2022 lalu, Cen Sui Lan melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) untuk melakukan pengawasan ke pelabuhan Tanjung Moco, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Kundapil ini guna melihat langsung kondisi riil pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2009 tersebut. Tapi, kondisinya masih belum bisa difungsikan. Padahal, sudah menghabiskan Rp120 millar.

Saat peninjauan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan didampingi Kol (Mar) Benyamin Ginting selaku Kepala KSOP Tanjungpinang Ditjen Hubla KemenHub RI dan stafnya. Serta mengikutsertakan ahli ahli DPR RI Victor Angsono, Herdyanto dan Agustar.

Cen Sui Lan bersama Kol (Mar) Benyamin Ginting meninjau bagian darat kawasan pelabuhan Tanjung Moco, dan jalan pelabuhan (pelantar) menuju laut sepanjang 600 meter. Di jalan pelabuhan ini, Cen Sui Lan sempat memancing ikan bersama masyarakat di pelabuhan Tanjung Moco yang mangkrak atau belum selesai dibangun, sejak 2009 tersebut. Pembangunan pelabuhan Tanjung Moco sepanjang 600 meter itu sudah menghabiskan anggaran Rp120 miliar.

Tahun anggaran 2023, Cen Sui Lan menginginkan, pelabuhan FTZ Tanjung Moco Tanjungpinang ini diselesaikan. Sehingga bisa difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat. Justru itu, di sela meninjau kawasan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan langsung berkoordinasi dengan Arief Thoha Dirjen Hubla dan Novie Riyanto Sekjen Kemenhub RI.

“Nah, sekarang, kita minta agar ada kebijakan Kemenhub RI untuk menyelesaikan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang ini,” tegas Cen Sui Lan. (DI)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer