Polemik Air Bersih, Antara Kebutuhan Warga dan Profesionalisme Pengelola Air Bersih di Batam

- Admin

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto. Foto: INIKEPRI.COM

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto. Foto: INIKEPRI.COM

INIKEPRI.COM – Polemik air bersih yang dialami oleh warga Batam mengharuskan Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk bertindak cepat dan tepat.

Mengingat, kondisi ini sudah sangat dirasakan cukup lama oleh masyarakat Batam pasca-terjadinya pengalihan pengelolaan air bersih dari Pengelola Air Bersih yang lama (ATB,red) ke PT Moya Indonesia dan SPAM Batam.

Keluhan demi keluhan terus disuarakan masyarakat. Yang terbaru, kondisi ini menyebabkan salah seorang warga meninggal dunia akibat kelelahan setelah ‘begadang’ untuk mendapatkan suplai air bersih yang hanya mengalir pada malam hari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rutinitas begadang seperti Ja’far ini juga dilakukan oleh masyarakat di Tanjunguncang pada umumnya, namun Ja’far yang sudah lanjut usia tentu tidak sekuat warga lain yang masih muda.

Untuk itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Nuryanto S.H., M.H. meminta kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Pengusahaan (BP) Batam yangh merupakan perwakilan negara dalam hal penguasaan dan pengelolan air bersih untuk masyarakat di Batam untuk benar-benar bekerja maksimal dalam pemenuhan kebutuhan dasar warganya dalam hal ini air bersih.

“Air ini merupakan sumber hidup dan kehidupan bagi masyarakat. Dan memang dikuasai oleh negara dan dikelola untuk kesejahteraan masyarakat. Kalau berbicara negara, maka pelaksanananya adalah pemerintah daerah dalam hal ini BP Batam,” Jelas Nuryanto dalam diskusi santai di salah atu media di Kota Batam, Selasa (20/6/2023) sore.

Baca Juga :  Mulai Disosialisasikan, Razia Protokol Kesehatan Akan Digelar Seminggu Dua Kali

Kondisi saat ini, tegasnya lagi, sangat memprihatinkan. Bahkan kondisi ini tidak pernah dialami saat dikelola oleh Pengelola air bersih sebelumnya.

“Bukan bermaksud membanding-bandingkan. Akan tetapi kondisi air bersih di Kota Batam ini sangat memprihatinkan dan saya sangat memahami dan mengerti akan kekecewaan, amarah dan kemarahan masyarakat dalam beberapa waktu terakhir ini. Karena itu adalah haknya rakyat dan masyarakat Batam, Bahkan sudah jelas dalam Undang-Undang,” tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menegaskan bahwa masyarakat itu tidak tahu bagaimana produksi dan pendistribusian air bersih hingga ke warga, mengingat itu semua urusan pengelola air bersih yang sudah diberikan. Masyarakat tahunya ada air bersih, sehingga jangan membuat mereka mengeluh.

Kondisi ini pun, tegas pria yang akrab disapa Cak Nur ini, sudah sangat memengaruhi berbagai sendi-sendi kehidupan. Mulai dari ekonomi, sosial hingga keamanan. Mengingat, sat ini Kondisi nya sudah sangat ektrim dan semakin parah.

“Dan ini realitas dan fakta yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah. Saya takut dan khawatir nanti, akan ada komultif kekecewaan dan kemarahan dari masyarakat Batam. Mengingat, warga dipaksa untuk selalu mengerti akan kondisi yang dialami oleh pengelola air bersih saat ini. Akan tetapi, seharusnya negara dalam hal ini Pemerintah Daerah melalui pengelola air bersihlah yang harus memahami kondisi masyarakat,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pengelola air bersih di Batam untuk bisa menjalankan tugas dan amanah yang tekah diberikan oleh negara. Mengingat, apapun yagn namanya hidup tentunya memiliki problem dan masalah.

Baca Juga :  Wujudkan Bandar Dunia Madani, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto Dukung Target Kemiskinan Ekstrem 0 Persen Presiden Jokowi

Akan tetapi, masyarakat juga harus diedukasi oleh pengelola air bersih untuk memahami kondisi yang ada melalui penjabaran informasi yang jelas.

“Masyarakat itu gak perlu tahu apa masalah dan problem (secara teknis,red) yang dihadapi. Akan tetapi kalau diceritain, pastinya warga mengerti. Dan yang paling penting adalah bagaimana mengatasinya. Dan menjadi hak untuk masyarakat juga untuk bisa mendatangkan informasi,” tegasnya.

Oleh karena itu, tambahnya lagi, bagi DPRD Kota Batam adalah tidak menjadi masalah siapa yang mengelola air bersih ini. Namun yang paling adalah, hak rakyat dan masyarakat terpenuhi dan dipenuhi kebutuhannya.

“Saya tidak berbicara siapa yang mengelolanya. Tapi hak rakyat harus dipenuhi. Kami tidak mau berbicara teknis. Yang penting hak masyarakat harus dipenuhi. Sehingga keamanan dan kenyamanan di Kota Batam tetap terjaga dengan kondusif. Dan saya memberikan penekanan kepada BP Batam dan Pengelola air bersih, tolong problem yang ada di Kota Batam ini diklarifikasi dan diberikan informasi. kalau memang ada masalah secepatnya diambil langkah serius,” tegasnya.

Dan terakhir, Cak Nur pun meminta kepada masyarakat untuk bersabar sambil menunggu penyelesaian masalah yang ada, Sehingga sama-sama bisa menjaga dan mewujudkan Batam yang kondusif. (DI)

Berita Terkait

Begini Penjelasan PT NPA Terkait Tudingan Miring Soal Kayu Ilegal
Gubernur Kepri Hadiri Puncak Hari Gerak Kesatuan PKK Ke-52 Tingkat Provinsi
Gubernur Kepri Lantik PPIH Embarkasi Batam, Tekankan Pelayanan Prima Jamaah Haji
Ansar Lantik Kepengurusan PGI Kota Batam
Ansar Hadiri Halalbihalal Keluarga Besar Ampera Kepri
Hadiri Perayaan Syukur Ekaristi 25 Tahbisan Imamat, Ansar Ingin Moderasi dan Toleransi Beragama di Kepri Terawat
Apresiasi Peran Kolektif Semua Pihak, Amsakar Ungkap Sejumlah Capaian Pembangunan
Momen Hangat Rudi-Amsakar Berpelukan di Idul Fitri

Berita Terkait

Senin, 29 April 2024 - 06:15 WIB

Begini Penjelasan PT NPA Terkait Tudingan Miring Soal Kayu Ilegal

Jumat, 26 April 2024 - 01:39 WIB

Gubernur Kepri Hadiri Puncak Hari Gerak Kesatuan PKK Ke-52 Tingkat Provinsi

Jumat, 26 April 2024 - 01:36 WIB

Gubernur Kepri Lantik PPIH Embarkasi Batam, Tekankan Pelayanan Prima Jamaah Haji

Senin, 22 April 2024 - 09:49 WIB

Ansar Lantik Kepengurusan PGI Kota Batam

Senin, 22 April 2024 - 00:14 WIB

Ansar Hadiri Halalbihalal Keluarga Besar Ampera Kepri

Sabtu, 20 April 2024 - 00:02 WIB

Hadiri Perayaan Syukur Ekaristi 25 Tahbisan Imamat, Ansar Ingin Moderasi dan Toleransi Beragama di Kepri Terawat

Kamis, 11 April 2024 - 03:24 WIB

Apresiasi Peran Kolektif Semua Pihak, Amsakar Ungkap Sejumlah Capaian Pembangunan

Rabu, 10 April 2024 - 20:45 WIB

Momen Hangat Rudi-Amsakar Berpelukan di Idul Fitri

Berita Terbaru

Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Foto: Istimewa

Tg. Pinang

Pemprov Kepri Kembali Raih Opini WTP, ke-14 Kali Berturut-turut

Selasa, 30 Apr 2024 - 00:38 WIB

40 harian mengenang kepergian Vocalis Band Sore, Firza Amar Paloh. Foto: INIKEPRI.COM

Seleb

Mengenang 40 Hari Kepergian Vocalis Sore Band Ade Paloh

Senin, 29 Apr 2024 - 10:02 WIB