Cek Fakta : 460.000 TNI-Polri di Papua Positif Covid-19

Batam, inikepri.com – Telah beredar sebuah postingan ngawur di Facebook yang menyatakan bahwa terdapat 463.285 orang anggota TNI dan Polri terinfeksi virus Corona jenis baru penyebab Covid-19.

Unggahan tersebut mengklaim bahwa informasi yang telah didapatkannya itu berasal dari petinggi militer Indonesia. Postingan tersebut diunggah pada tanggal 17 April 2020 oleh akun Facebook Rambo Nuwinindi dengan narasi sebagai berikut:

“Ternyata 463.285 Orang Pasukan TNI-POLRI terjangkit Penjakit Corona virus 19 dan di antaranya 178 orang adalah PNS TNI terjangkit virus Corona. 55 Orang Pasukan TNI-POLRI yang bertugas di Papua telah meninggal dunia akibat Covid-19. Hal ini di sampaikan Secara Resmi oleh Petinggi Militer Negara Indonesia. Hal ini Seluruh Rakyat Papua Berlutut dan berpuasa ALLAH turut bekerja keras melepaskan Bangsa Papua barat dari tangan Kolonial NKRI. Demikian laporan singkat tentang situasi yang sedang terjadi. Laporan : Awak Media The-TPNPBNEWS.” tulis akun tersebut.

Penelusuran Fakta

Dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, informasi yang telah beredar tersebut adalah tidak benar atau Hoaks, karena tidak memiliki sumber yang dapat dipercaya atau kredibel.

Pasalnya, dalam sebuah pernyataan pada 15 April 2020 lalu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa dugaan virus corona di lingkungan Mabes Polri ada di angka 1.187 kasus.

Adapun setelah dilakukan pengecekan, jumlahnya yaitu terdapat 55 orang positif terinfeksi Covid-19, kemudian PDP 190 orang, ODP 873 orang, sembuh 54 orang, dan meninggal dunia 15 orang.

Kesimpulan

Jumlah tersebut jauh berbeda dengan klaim yang disampaikan pada unggahan di atas. Oleh sebab itu unggahan tersebut masuk ke dalam kategori hoaks Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer