Kloter Pertama Jemaah Haji 2020 Tiba di Mekkah, Alhamdulillah!

Mekkah, inikepri.com – Kloter pertama jamaah haji sudah tiba di Mekkah. Mereka langsung menjalani tes kesehatan ketika tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Hal itu dilaporkan oleh Arab News.

Sebagai informasi, Arab Saudi telah mengumumkan pembatasan jamaah untuk ibadah haji 1441 H. Pembatasan dilakukan karena menghindari penularan virus corona baru yang tengah mewabah di seluruh penjuru dunia.

Kuota jamaah haji untuk tahun ini, hanya akan menjadi sekitar 10 ribu orang. Di mana sepertiganya untuk warga Arab Saudi dan sisanya ekspatriat.

Seorang ekspatriat dari Uni Emirat Arab yang juga seorang pasien Covid-19 yang telah pulih, Abdullah Al Kathiri, menjadi salah satu di antara jamaah terpilih.

Dia akhirnya bisa melangsungkan ibadah haji di tengah pandemik.

“Saya telah mendengar dari banyak orang yang melakukan haji dalam beberapa tahun terakhir bahwa haji selalu merupakan proses yang lancar, bahkan dengan jumlah besar,” ujar Al Kathiri.

“Jadi Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya dengan jumlah peziarah yang terbatas tahun ini. Tentunya itu akan menjadi pengalaman hebat,” sambungnya.

Ekspatriat dari Bulgaria, Khadija, mengaku senang ketika mendapatkan kabar bahwa dia bisa berhaji tahun ini. Dia bahkan tidak bisa menahan air mata bahagia.

“Saya tidak mengira mereka akan menerima (pendaftaran saya). Saya yakin haji tahun ini akan menjadi yang luar biasa dalam segala hal,” katanya.

Setelah melakukan prosedur kedatangan, para jamaah akan dibawa ke penginapan mereka untuk diawasi Kementerian Haji dan Umrah.

Mereka akan tinggal selama empat hari sebelum memulai pelaksanaan ibadah haji pada 30 Juli.

Adapun berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan Arab Saudi, para jamaah haji harus mengikuti protokol kesehatan. Di mana mereka harus menjalani tes Covid-19 sebelum dan sesudah haji. Lansia dan orang dengan penyakit kronis juga tidak diizinkan berhaji untuk tahun ini.

Aksi.id

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer