Jumat, 23 April 2021
Ikuti Kami di :
14 Des 2020
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Saffron, rempah termahal di dunia, dapat memberikan rasa dan aroma yang kaya. Anda bisa menerapkan sejumlah tips dalam memilih saffron dengan kualitas terbaik.

Saffron berasal dari tangkai putik bunga Crocus sativus yang dikeringkan. Hasilnya, berupa untaian serat benang berwarna kemerahan. Banyak juga produk saffron yang sudah diolah menjadi bubuk.

Saffron kualitas terbaik dipanen pada pagi hari saat mekar selama enam minggu sekitar bulan September hingga Desember. Saat memanen bunga saffron juga membutuhkan kehati-hatian lantaran putik bunga sangat sensitif.

Saffron sedianya banyak digunakan untuk masakan-masakan di Timur Tengah. Kini, rempah ini juga populer digunakan di seluruh dunia. Rasa yang khas dengan sedikit pahit memberikan cita rasa yang kaya pada makanan.

Berikut ini cara memilih saffron dengan kualitas terbaik.

1. Pilih Serat Saffron

Pilih yang masih berbentuk serat atau benang daripada bubuk. Bubuk saffron biasanya sudah melewati sejumlah proses pengolahan. Selain itu, dalam bentuk bubuk juga lebih mudah dipalsukan.

“Pilih saffron yang untaian, ketimbang bubuk,” kata Chef Vindex Tengker dikutip dari laman CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

2. Pilih Yang Mengandung Banyak Pucuk

Pilih untaian yang masih memiliki banyak pucuk, bukan hanya benang saja. Pucuk saffron merupakan bagian dengan aroma yang kuat.

“Semakin banyak pucuk semakin baik,” kata Chef Ragil Imam Wibowo dinukil dari CNNIndonesia.com.

3. Warna Kemerahan

Pilih saffron yang masih berwarna kemerahan. Hindari yang warnanya sudah luntur kekuningan.

“Semakin banyak benang yang berwarna kuning akan semakin rendah kualitasnya,” ujar Chef Ragil, pemilik Nusa Indonesian Gastronomy.

4. Cek Berat

Teliti kembali berat saffron. Banyak saffron yang belum dikeringkan secara sempurna sehingga masih mengandung sejumlah air atau lembap. Pilih safron yang benar-benar kering untuk mendapatkan kualitas terbaik.

5. Periksa Label

Periksa label kemasan saffron sebelum memutuskan membeli rempah termahal ini. Beli pada penyalur atau penjual yang terpercaya sehingga kualitas dapat terjaga.

Cermati kembali saat Anda memutuskan membeli saffron dengan kualitas terbaik. (ER/CNNIndonesia)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x