Jumat, 23 April 2021
Ikuti Kami di :
26 Des 2020
Petrus Golose (ist)
Petrus Golose (ist)

INIKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Irjen Petrus Reinhard Golose menjadi kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Petrus Golose pun akan naik menjadi komisaris jenderal.

Sebelum menjadi kepala BNN, polisi jebolan Akademi Kepolisian 1988 itu menjabat Kapolda Bali dan dimutasi untuk penugasan di luar struktur.

Petrus Golose berpengalaman dalam bidang reserse. Petrus termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim, yang melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, 9 November 2005.

Ia mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Polisi Sutanto bersama dengan para kompatriotnya, Tito Karnavian, Idham Azis, serta Rycko Amelza Dahniel.

Karier mereka berempat pun langsung moncer. Tito Karnavian sempat menjadi Kapolda Metro, Kepala BNPT, Kapolri dan sekarang menteri dalam negeri. Idham Aziz saat ini menjadi Kapolri yang sebelumnya Kabareskrim dan Kapolda Metro.

Nasib Rycko juga terbilang moncer. Rycko kini menjabat Kabagintelkam Polri yang sebelumnya Kapolda Jateng. Dari mereka berempat, Golose menjadi yang terakhir mencapai bintang tiga.

Ia turut serta sebagai Peace Keeping Force (UN CIVPOL) di Kamboja-UNTAC (1993) dan Bosnia (2000—2001). Petrus aktif berpartisipasi sebagai peserta dan pembicara di dalam seminar, kursus, workshop yang berkaitan dengan money laundering, cybercrime, pemberantasan narkoba dan teroris di dalam dan luar negeri.

Selain itu, ia juga terlibat dalam penyidikan internasional di Singapura, Malaysia, AS, Jepang, Timor Timur, New Zealand, Amerika Selatan, Kamboja, Thailand dan Philipina. Petrus aktif terlibat dalam Panitia Kerja dan Panitia Khusus sebagai wakil dari Pemerintah RI dalam merumuskan RUU Informasi dan Transaksi Elektronik yang telah diundangkan menjadi UU No 11 Tahun 2008 pada tanggal 21 April 2008.

Sering Tangani Kasus Hacking

Sejak tahun 2006, Petrus pernah menjabat sebagai Kepala Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri. Selama kariernya, ia telah menangani dua kasus hacking di Indonesia yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap yaitu hacking website KPU dan hacking website Partai Golkar.

Ia juga telah menulis buku berjudul ‘Seputar Kejahatan Hacking: Teori dan Studi Kasus’ pada tahun 2008.

Petrus Reinhard Golose juga peraih gelar Doktor Kajian Ilmu Kepolisian, setelah berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul ‘Manajemen Penyidikan Tindak Pidana Hacking. Studi Kasus: Penyidikan Tindak Pidana Hacking website Partai Golkar Oleh Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri’ pada Sabtu, 7 Juni 2008. (RWH/Merdeka)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x