Senin, 1 Maret 2021
log
28 Jan 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Wali Kota Tanjungpinang Rahma berkeliling ke enam pasar modern (swalayan) yang bemitra dengan pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mengembangkan pemasaran produk industri kecil menengah (IKM) dan UMKM di Kota Tanjungpinang, Rabu (27/1/2021).

Swalayan yang dikunjungi wali kota yaitu Zoom, Pasa Raya 21, Hypermart, Kurnia, Pinang Lestari, dan Pinang Kencana.

Kunjungan wali kota tersebut, untuk memastikan dan melihat langsung ruang atau rak yang disediakan swalayan untuk memajang produk-produk IKM dan UMKM di kota Tanjungpinang.

Wali Kota, Rahma menuturkan setelah dilakukan MoU dengan swalayan beberapa waktu lalu, setiap produk IKM dan UMK yang dijual akan dijaga dan dipromosikan oleh dua orang duta promosi yang disiapkan dinas perdagangan dan perindustrian.

“Awal Februari 2021, duta promosi mulai mempromosikan dan menjual produk IKM. Jadi, pelaku usaha hanya menunggu hasil penjualan yang dijual oleh duta kita,” kata Rahma.

Masuknya produk IKM ke swalayan, diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi bagi pelaku industri di kota Tanjungpinang. Selain itu, ia ingin agar barang-barang hasil IKM Kota Tanjungpinang bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Disamping itu, lanjut Rahma, produk IKM seperti olahan makanan semuanya diarahkan untuk memenuhi standar sesuai ketentuan yang berlaku.

“Barang yang dijual, harus sudah memiliki izin BPOM dan sertifikat Halal dari MUI yang tertera dikemasan produk asli Kota Tanjungpinang,”

Menurut Rahma, produk IKM Tanjungpinang memiliki kekhasan tersendiri. Ia yakin swalayan yang menampung dan menjual produk IKM dan UMKM akan memberikan kontribusi bagi usahanya sendiri, utamanya dari segi keuntungan yang bisa diperoleh.

“Untuk itu, bagi pelaku IKM dan UMKM yang ingin produknya dipasarkan di swalayan, daftarkan segera ke Disdagin kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Direkur Swalayan Pasar Raya 21 Tanjungpinang, Suryanti menyambut baik program pemko Tanjungpinang. Menurutnya, program ini bisa membantu pelaku UMKM atau pengusaha kecil di Tanjungpinang untuk meningkatkan pemasaran dan agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Kita sambut baik program ini. Kalau sudah siap pembukaan pati akan ada penambahan rak. Soal harga, saya lihat terjangkau oleh masyarakat, tinggal bagaimana duta promosi memasarkan dan memperkenalkan kualitas dan merek nya saja,” ucap Suryanti

Dia mengatakan, kalau masyarakat sudah mengenal kualitas produknya dengan harga terjangkau begitu, pasti ada kenaikan dalam penjualannya.

Dengan peningkatan penjualan, otomatis produk tersebut sudah lebih di kenal masyarakat dan orang-orang yang datang ke Tanjungpinang.

“Jika sudah dikenal begitu, orang luar tentu mau beli oleh-oleh khas Tanjungpinang. Nah, tentu mereka mencari ke swalayan dan ini pastinya menambah kunjungan pembeli ke swalayan kami,” tutupnya. (ET)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x