Minggu, 18 April 2021
8 Apr 2021
(Dok FKWI Kepri)
(Dok FKWI Kepri)

INIKEPRI.COM – Sebanyak kurang lebih 30 orang yang tergabung di dalam Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI) Kepulauan Riau (Kepri) periode 2021-2023 dari berbagai media baik media cetak, online, TV dan radio di Kepri, secara resmi dilantik dan dikukuhkan keberadaannya.

Pengukuhan dan pelantikan itu berlangsung di ruang Very Important Person (VIP) Room Golden Prawn, Bengkong, Kota Batam, pada Rabu (7/4/2021) siang, oleh Dewan Pembina FKWI Kepri, Dr Urbanisasi.

Dalam pengukuhan, pelantikan dan pembacaan ikrar yang mengusung tema Konvergensi Media menuju Kemandirian Pers, itu disaksikan langsung sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik Provinsi Kepri, Kota Batam, dan sejumlah Perwakilan dari unsur aparat TNI-Polri.

Pembacaan ikrar oleh seluruh kepengurusan FKWI Kepri. (Dok. FKWI Kepri)

Hal ini mendapat respon yang baik dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepri dengan hadir dan terbentuknya FKWI Kepri.

“Hal yang sangat baik ya, dari gabungan berbagai media dan dalam satu wadah yang sama. Akan tetapi, tidak saling mengganggu dan itu hal yang luar biasa bagi FKWI Kepri,” kata Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang diwakilkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Provinsi Kepri, Drs Zulhendri.

Tentunya, dengan kehadiran FKWI Kepri ini, lanjut Zulhendri, pihaknya berharap FKWI dapat bersinergi dan mendukung segala bentuk program pemerintah untuk memajukan Provinsi Kepulauan Riau.

Usai melantik, Dr Urbanisasi menyampaikan bahwasanya FKWI Kepri harus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan harus melakukan pengupgradetan diri.

“FKWI juga sebagai organisasi pers, dimana wartawan berkumpul akan bersinergi pada seluruh masyarakat dalam menjalankan amanah, menjadi Pilar Demokrasi,” kata Urbanisasi.

Ia menegaskan, FKWI Kepri hadir berarti dan bermakna bukan sebagai pesaing, tetapi menjadi perubahan, yang mampu bersaing dengan media-media lain sebagai sarana informasi.

“Seorang wartawan, akan dihargai jika karya-karya seninya menjadi penyampaian berita yang bukan Hoax. Tetapi, menjadi sarana informasi yang baik, ditengah-tengah masyarakat terlebih di era digital seperti saat ini,” ujarnya.

Pada prinsipnya, lanjut Urbanisasi, idealis menjadi seorang wartawan harus memiliki prinsip, karena sebagai wartawan harus dibekali dengan ilmu pengetahuan jurnalis.

Sementara, Ketua Umum FKWI Kepri, Indralis, mengatakan bahwa, pengukuhan dan pelantikan FKWI Kepri ini adalah sebagai wadah informasi dan menjadi Konvergensi Media menuju Kemandirian Pers.

“FKWI Kepri akan berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah. Sehingga ke depan akan menyampaikan informasi yang bukan Hoax,” kata Indralis.

Selain itu, menurutnya, FKWI sendiri mulai terbentuk pada November Tahun 2020 lalu, dengan menjunjung tinggi rasa kebersamaan sehingga dapat dikukuhkan pada hari ini.

“Kehadiran FKWI Kepri ini, tentu siap mendukung segala bentuk program pemerintah dan terutama menangkal berita-berita Hoax,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri pula di antaranya ialah Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang diwakilkan oleh Kadis Kominfo Provinsi Kepri Drs Zulhendri, Asisten I Adiministrasi Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Diskominfo Batam, Perwakilan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang, Perwakilan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan.

Dewan Pembina FKWI Provinsi Kepri Dr Urbanisasi, Ketua Umum FKWI Provinsi Kepri Indralis, pengurus dan anggota FKWI Provinsi Kepri berfoto bersama usai dikukuhkan. (Dok. FKWI Kepri)

Selanjutnya, Perwakilan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim Letkol Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, Perwakilan Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri Marinir 10/Satria Bhumi Yudha (SBY) Letkol Marinir Alim Firdaus, Perwakilan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kepri Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mohamad Rendra Salipu.

Kemudian Dewan Pembina dan Ketua FKWI Kepri, serta tamu undangan lainnya. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x