Sabtu, 8 Mei 2021
22 Apr 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Hari Bumi adalah acara tahunan untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan.

Tahun 2021 ini jatuh pada Kamis 22 April 2021 dengan mengangkat tema “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi Kita.

Sebagaimana dikutip laman earthday.org tema Hari Bumi tahun ini berfokus pada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Dijumpai disela-sela menjalankan ibadah tarawih, Sekretaris Jenderal DPN Gema Aliansi Putra Putri Indonesia (GARUDA) Dado Herdiansyah mengatakan, memulihkan bumi bukan hanya karena kita peduli dengan alam, tetapi karena kita hidup di atasnya. 

“Kita semua membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan, kelangsungan hidup, dan kebahagiaan kita. Planet yang sehat bukanlah pilihan. Ini adalah kebutuhan,” kata dia, Rabu (21/4/2021).

Sekretaris Jenderal DPN GARUDA Dado Herdiansyah (ist)

Pemerintah Republik Indonesia harus turut berperan serta dalam rangka hari bumi sedunia ini, melakukan aksi dengan langkah nyata dengan menjaga kelestarian hutan dan ikut berkontribusi dalam merestorasi daerah-daerah yang alamnya telah terdegradasi.

“Perlu kita ingat bersama bahwa hutan Pulau Kalimantan merupakan paru-paru dunia, hal ini kita harus jaga secara serius, dikarenakan hutan juga menjadi pondasi penjaga ekosistem dan penopang elemen kehidupan di bumi. Sebab, hutan memiliki peran penting sebagai penyedia air bersih, menurunkan pencemaran udara, pengendalian suhu dan kelembaban, bahkan mencegah bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, hingga tsunami,” jelas pria yang juga aktif di Organisasi Lingkungan Hidup CUMFIRE.

Terkait pembangunan di daerah berkembang seperti Indonesia, tentunya akan merusak ekosistem hutan, hal ini harus perhatian pemerintah, menurut dia, jika pengembang, investor atau bahkan pemerintah sekalipun membuka lahan hutan sebagai daerah baru pemukiman dan atau industri, hendaknya harus mengikuti aturan dan perundangan yang berlaku. 

DPN GARUDA, lanjut Dado, juga menghimbau agar seluruh masyarakat Indonesia harus berperan serta turut menjaga dan melestarikan Bumi tempat kita tinggal dengan melakukan hal-hal kecil yang positif, seperti menanam pohon dan mengurangi limbah kehidupan sehari-hari.

Sementara itu,dalam rangka hari bumi sedunia ini, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong berharap menjelang hari bumi masyarakat Indonesia terus memelihara lingkungan hidup dan berbuat baik untuk bumi dengan melakukan langkah-langkah kecil.

“Harapan untuk Indonesia, kita jaga bumi ini dengan baik, kita pelihara bumi kita dengan baik dengan berbuat baik terhadap bumi salah satunya jangan kita merusak bumi,” kata Wamen LHK Alue ketika ditemui usai acara Peningkatan Kapasitas Negosiator Perubahan Iklim di Jakarta pada Senin dikutip Antara. (RD)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x