Sabtu, 12 Juni 2021
25 Mei 2021
(Dok. Lanud Hang Nadim)
(Dok. Lanud Hang Nadim)

INIKEPRI.COM – Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lanud Hang Nadim yang terdiri dari Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim bersama Aviation Security (Avsec), Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Hang Nadim Batam melaksanakan evakuasi medis udara (Medical Evacuation) terhadap 14 orang pasien dari karyawan PT Star Energy Flight Offshore Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dinyatakan positif swab test Antigen.

Informasi yang diterima, ke 14 orang tersebut adalah para pekerja Indonesia (WNI) yang bekerja di pengeboran minyak lepas pantai daerah Matak, Kepulauan Anambas.

Terhadap ke 14 karyawan tersebut, selanjutnya dilakukan evakuasi di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sesuai dengan penanganan terhadap pasien yang dinyatakan positif Antigen melalui pelabuhan ataupun bandara.

Sebelum diberangkatkan ke RSKI Pulau Galang menggunakan bus kendaraan dinas milik TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Hang Nadim dari Appron Cargo Bandara Internasional Hang Nadim Batam, satu-persatu dari mereka dilakukan penyemprotan terhadap barang bawaan ketika keluar dari dalam pesawat Travira Air/ATR 72-600/PKTVE.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan juga sebagai Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim, Mayor Lek Wardoyo, mengatakan, Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lanud Hang Nadim telah melaksanakan Medivac karyawan PT Star Energy Flight dengan status test positif swab Antigen.

“Saat ini kami, di Bandara Hang Nadim, sedang melaksanakan evakuasi medis udara sejumlah 14 orang pasien dari perusahaan offshore tenaga kerja Indonesia yang dievakuasi melalui Bandara Matak ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang selanjutnya akan dievakuasi ke RSKI Pulau Galang,” kata Mayor Lek Wardoyo didampingi Pejabat Sementara (Ps) Kepala Seksi (Kasi) Base Operasi (Ops) Lanud Hang Nadim, Letda Lek Elkana Sitompul dan pihak Avsec), BUBU dan KKP di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (25/5/2021).

Sementara, terpisah, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan pihak Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lanud Hang Nadim terhadap pasien yang dinyatakan positif swab test Antigen.

“Saya selaku Komandan Lanud Hang Nadim sangat mengapresiasi terhadap tindakan cepat yang dilakukan oleh Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lanud Hang Nadim terhadap pasien yang dinyatakan positif swab test Antigen. Ini dilakukan agar para pasien cepat mendapatkan penanganan dari tim medis disana (RSKI) Galang,” ujarnya.

Adapun ke 14 orang karyawan tersebut akan dirawat di RSKI Galang, hingga menunggu hasil swab Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dari pihak RSKI. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x