Minggu, 13 Juni 2021
Ikuti Kami di :
31 Mei 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Beredar informasi berupa video yang mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad (UAS) jadi tersangka penipuan sumbangan dana palestina.

Video itu diunggah pertama kali oleh kanal YouTube Suara Inspirasi dengan judul, “Berita Terkini ~ UAS Jadi Tersangka!!! Polri Ungkap Motif Penipuan Sumbangan Dana Palestin-a!!” pada 17 Mei 2021.

Hingga saat berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton 212.970 kali dan disukai sebanyak 2.200 kali.

Dalam foto yang digunakan sebagai thumbnail video itu, terlihat Ustaz Abdul Somad tengah mengenakan pakaian berwarna oranye dan didampingi oleh dua orang pria.

“MODYAAAR
‘SOMAD JADI TERSANGKA’
POLRI UNGKAP MOTIF PENIPUAN DANA PALESTIN-A,” bunyi narasi dalam video tersebut.

Video yang Mengatakan Bahwa Ustadz Abdul Somad Jadi Tersangka Penipuan Dana Sumbangan Palestina (Tangkapan Layar YouTube Suara Inspirasi)

Penelusuran Fakta

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah ditelusuri, klaim bahwa UAS menjadi tersangka kasus penggalangan dana adalah salah. Faktanya, hingga saat ini belum ada informasi resmi dan valid terkait klaim tersebut.

Dalam video tersebut juga tidak ada informasi atau narasi yang menyatakan UAS telah diamankan oleh Polri terkait tuduhan kasus penipuan uang sumbangan rakyat. Video hanya berisi sorotan beberapa tokoh terkait transparansi uang donasi yang telah terkumpul.

Selain itu, berdasarkan penelurusan melalui yandex, thumbnail video yang menunjukkan UAS menggunakan baju tahanan berwarna oranye bersama Polri adalah hasil suntingan.

Hasil penelurusan yandex menunjukkan gambar tersebut identik dengan artikel berjudul “Perkembangan Kasus Memiles, Siapa Lagi Artis yang Diperiksa” yang diunggah di situs kompas.tv pada 21 Januari 2020. Foto dalam artikel tersebut tidak terdapat sosok UAS yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan artikel tersebut juga tidak ada kaitannya dengan kabar UAS jadi tersangka.

Video serupa yang menyatakan UAS terjerat kasus penipuan telah banyak beredar di beberapa akun Youtube dan dibagikan melalui beberapa platform media sosial lainnya. Menanggapi hal tersebut beberapa media pemeriksa fakta telah membantah tuduhan tersebut karena tidak ada informasi dan pemberitaan resmi dan pihak Polri maupun stakeholder lain yang terlibat.

Kesimpulan

Dengan demikian, klaim UAS jadi tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia), Informasi tersebut salah. Tidak ditemukan pemberitaan yang valid dan kredibel terkait penangkapan UAS sebagai tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat. (RD)

4.7 3 votes
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Buzar
Buzar
13 days ago

Yg angkat berita hoax itu yg gak ada kerjaan. Udah tau berita orang ngarang. Foto pun editan amatir. Tapi masih aja diangkat. Dasar goblok

Batam

Trending

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x