Sabtu, 12 Juni 2021
5 Jun 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani terhadap personelnya. Hal tersebut sebagai langkah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik yang dimiliki.

Kegiatan itu dilaksanakan di halaman depan Markas Komando (Mako) Lanud Hang Nadim, Jl Hang Jebat, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam, pada Jumat (4/6/2021).

Karena jumlah Satuan Kerja (Satker) dan personel Lanud Hang Nadim yang cukup banyak, maka pelaksanaan tes sendiri dibagi dalam dua tahapan.

Sebanyak 18 orang personel Perwira, Bintara dan Tamtama mengikuti pelaksanaan tes Kesamaptaan Jasmani untuk gelombang pertama.

Hal ini sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan kesibukan dalam pelaksanaan tugas pengamanan (PAM) tiap-tiap personel.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki anggota personel Lanud Hang Nadim karena kebugaran fisik prima adalah hal utama yang diperlukan seorang prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-harinya.

“Melalui tes ini dapat dilihat sampai sejauh mana personel menjaga kebugarannya melalui aktivitas pembinaan olahraga yang dilakukan, karena dengan kondisi fisik yang prima diharapkan para personel dapat optimal dalam pelaksanaan tugasnya,” kata Letkol Pnb Iwan.

Ditambahkan Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Hang Nadim, Kapten Adm Asta Asura, bahwa, tes Kesamaptaan terdiri dari dua bagian, yakni, Kesamaptaan A dan Kesamaptaan B.

Kesamaptaan A, lanjutnya, meliputi lari selama 12 menit. Sedangkan Kesamaptaan B, berupa pull-up, push-up, sit-up dan suttle run.

“Tes Kesamaptaan dibagi dua bagian, Kesamaptaan A dan B. Sebelum melakukan tes, personel dilakukan pemeriksaan tekanan darah terlebih dahulu agar dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan selama pelaksanaan kegiatan sebelum nantinya melanjutkan sesi pemanasan atau perenggangan,” katanya.

Melalui Kadispers, Danlanud Hang Nadim berpesan agar dalam pelaksanaan tes kesemaptaan harus menyesuaikan dengan kemampuan pribadi masing-masing, dan selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, baik itu sebelum, saat pelaksanaan maupun sesudah tes.

“Sesuai protokol kesehatan, sebelum tes dimulai, para peserta diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu. Jumlah personelnya pun dibagi-bagi. Selain itu, para personel juga tetap menjaga jarak dan selalu mencuci tangan saat menunggu giliran pelaksanaan item samapta berikutnya. Ketika selesai melaksanakan tes, seluruh personel juga tetap menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker. Safety (keamanan) tetap menjadi prioritas utama,” pungkasnya. (IS)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x